Cadangan Minyak Indonesia Tinggal 12 Tahun Lagi
Sumber: google.com

Nasional / 28 December 2013

Kalangan Sendiri

Cadangan Minyak Indonesia Tinggal 12 Tahun Lagi

Lois Official Writer
3481

Jika pemerintah tidak dapat menemukan cadangan minyak yang lain, Indonesia akan kehabisan cadangan minyak dalam 12 tahun mendatang, hal ini diungkapkan oleh Wakil Direktur Reforminer Institute Komaidi Notonegoro. Pasalnya, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia terus meningkat.

Cadangan minyak di Indonesia kian hari menipis akibat konsumsi BBM terus meningkat. Saat ini cadangan minyak kita hanya 3,7 miliar barrel dan angka tersebut hanya 0,3 persen dari cadangan minyak global," tutur Komaidi beberapa waktu yang lalu. Komaidi mengungkapkan, apabila pemerintah tidak turut campur tangan mencari cadangan minyak baru, maka dalam waktu 12 tahun, Indonesia tidak akan lagi memiliki sumber  minyak.

Komaidi sangat menyayangkan tindakan pemerintah, yang sampai saat ini masih memberikan subsidi bahan bakar minyak kepada masyarakat. Padahal, Indonesia saat ini hanya mampu memproduksi 830.000 barrel per hari. Di sisi lain, Indonesia membutuhkan minyak 1,2 juta barrel per hari. Karena itulah, Indonesia selalu mengimpor dari negara lain sehingga negara kita pun defisit.

Untuk mengatasi hal ini, yang harus benar-benar diperhatikan itu tujuan yang utama entah short term atau long term-nya harus dipikirkan masak-masak," ujarnya.

Dalam mengatasi hal ini, diperlukan semua pihak untuk membuat Indonesia tidak mengalami paceklik BBM yang akhirnya membuat perekonomian terguncang karena tersendatnya bahan bakar utama kendaraan bermotor ini. Selain itu, cobalah untuk melakukan sumbangsih kecil dengan menggunakan kendaraan umum atau bahkan sepeda roda dua jika jarak yang ditempuh dekat.


Baca juga :

Berbagai Sajian Makanan Bernuansa Natal

Mengenal Natal Lewat Sejarah

Ajarkan Anak Natal, Ajarkan Kasih 

Natal, Cara Allah Bicara Pada Kita

10 Langkah Komitmen Berumah Tangga (1)

3 Film Inspirasi Natal Terbaik

Peluang Usaha Baru : Iklan di Tisu Toilet

Ini Dampaknya Sering Lembur

Sumber : kompas.com by lois ho
Halaman :
1

Ikuti Kami