Si Pemburu Kembaran Bumi : Michel Mayor

Nasional / 27 December 2013

Kalangan Sendiri

Si Pemburu Kembaran Bumi : Michel Mayor

Lois Official Writer
5986

Bumi sekarang tidak lagi dalam keadaan prima. Untuk bertahan hidup, manusia mencoba mencari planet lain yang kira-kira mirip dengan bumi sehingga bisa ditinggali. Untuk itu, dilakukan pencarian besar-besaran ke luar angkasa. Salah satu ilmuwan yang giat mencari kembaran bumi yaitu Michel Mayor, pemburu yang mencatatkan penemuannya yang luar biasa.

Pria yang berusia 78 tahun ini berhasil menemukan eksoplanet mirip Bumi bernama Kepler 78b. Planet itu memiliki kepadatan, ukuran, dan jarak tidak terlalu jauh dari Bumi. "Kepler 78b sangat mirip dengan Bumi. Planet itu memiliki kandungan air yang banyak dan mengorbit pada sebuah matahari sendiri. Saya ingin merayakan penemuan ini sebelum pensiun," kata Mayor.

Sebelumnya, Mayor juga pernah menemukan planet kembaran Bumi pada tahun 1995 silam. Bersama rekannya Didier Queloz, dia berhasil menemukan eksoplanet yang mengorbit pada mataharinya sendiri. Sampai saat ini Mayor masih melakukan perburuan planet. Dia berjanji akan menemukan planet yang mirip bumi kembali lima tahun mendatang.

"Mayor adalah orang yang berbakat menggunakan alat-alat teknologi. Tahun demi tahun, dia terus mengembangkan alat untuk menemukan planet kembaran Bumi. Saya kagum setiap kali melihat dia melakukan perburuan eksoplanet," kata Geoff Marcy, seorang pemburu eksoplanet dari University of California, AS.

Salut untuk pria yang satu ini dimana dia giat mencari planet lain untuk kepentingan manusia. Di lain sisi, manusia pun jangan lupa untuk terus menjaga bumi, tempat kita tinggali ini.


Baca juga :

Berbagai Sajian Makanan Bernuansa Natal

Mengenal Natal Lewat Sejarah

Ajarkan Anak Natal, Ajarkan Kasih 

Natal, Cara Allah Bicara Pada Kita

10 Langkah Komitmen Berumah Tangga (1)

3 Film Inspirasi Natal Terbaik

Peluang Usaha Baru : Iklan di Tisu Toilet

Ini Dampaknya Sering Lembur

Sumber : viva.co.id by lois ho
Halaman :
1

Ikuti Kami