Vatikan Akan Buka Ritus Pemakaman Kuno Bersejarah

Internasional / 23 December 2013

Kalangan Sendiri

Vatikan Akan Buka Ritus Pemakaman Kuno Bersejarah

daniel.tanamal Official Writer
2887

Vatikan saat ini tengah mempersiapkan untuk membuka sebuah pemakaman Romawi kuno yang ditemukan di bawah tempat parkir mobil Kota Vatikan 60 tahun lalu. Rencananya pemakaman umum kuno itu akan dibuka untuk umum pada awal 2014.

Pemakaman kuno ini berasal dari periode abad ke-1 Masehi, selama pemerintahan Kaisar Augustus, dan abad ke-4 Masehi, ketika Kaisar Konstantin beralih kepercayaan menjadi seorang Kristiani. Konstantin membangun gereja pertama di tempat Basilika Santo Petrus sekarang berdiri. Santo Petrus sendiri yang adalah paus pertama, menurut tradisi dikuburkan di sekitar Basilika.

Namun terlihat jelas bahwa makam ini bukan area pekuburan Kristiani karena para arkeolog tidak menemukan adanya simbol-simbol kristen seperti salib, jangkar atau merpati. Pada masa itu Kota Vatikan adalah area warga kelas menengah dan banyak dari mereka adalah mantan budak yang sudah dibebaskan. Para warga ini memilih untuk dimakamkan.

 Nantinya para pengunjung dapat memasuki dunia orang mati pada zaman Romawi kuno melalui sebuah pintu baja kecil yang terletak di sebelah Sentral Telepon Vatikan. Salah satu patung yang paling menyentuh adalah sosok seorang anak laki-laki tanpa nama yang dilukiskan sebagai budak kecil yang berbaring tidur dengan lentera di sisinya, menemani tuannya melalui lorong-lorong gelap Roma. Anak ini adalah seorang lanternarus servus, operator pembawa lentera yang digunakan oleh banyak keluarga untuk menerangi jalan mereka ketika bepergian pada malam hari.


Sumber : Tribunnews
Halaman :
1

Ikuti Kami