Sea Games 2013: Kontingen Judo Indonesia Menolak Ambil Medali

Nasional / 21 December 2013

Kalangan Sendiri

Sea Games 2013: Kontingen Judo Indonesia Menolak Ambil Medali

daniel.tanamal Official Writer
3999

Merasa dirugikan oleh keputusan wasit Kontingen Judo Indonesia menolak mengambil medali SEA Games 2013 di Myanmar. Hal itu terjadi saat final kelas -90 kg antara Horas Manurung melawan atlet tuan rumah Zin Linn Aung di Zeyar Thiri Indoor Stadium, Naypyitaw, Myanmar, Sabtu.

Satu-satunya atlet yang berpeluang mendapatkan medali emas itu harus menghadapi kenyataan buruk setelah wasit memberikan kemenangan bagi atlet tuan rumah meski dalam aturan pertandingan harus dihentikan. "Kita tidak mengambil medali. Biar diambil mereka semua (Myanmar). Ini adalah bentuk protes dari kami," kata Ketua Umum Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) George Toisuta usai melihat pertandingan SEA Games 2013.

Menurut George, judo dari negara asalnya yaitu Jepang salah satu tujuannya adalah untuk memperhalus budi pekerti. Kondisi ini berbeda dengan apa yang dilakukan oleh para wasit yang memimpin pertandingan. "Kita sudah dikerjai sejak hari pertama. Mungkin nasib mereka lebih baik. Tapi tidak boleh menang dengan kecurangan," katanya.

 

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami