Jelang Natal, Harga Cabai dan Tomat di Manado Naik Drastis
Sumber: rimanews.com

Nasional / 21 December 2013

Kalangan Sendiri

Jelang Natal, Harga Cabai dan Tomat di Manado Naik Drastis

Budhi Marpaung Official Writer
3765

Jelang natal dan tahun baru, harga-harga bahan pokok di Manado, Sulawesi Utara melambung tinggi. Tidak tanggung-tanggung, kenaikan ini ada yang mencapai hingga 100%.

"Yang sangat terasa cabai merah, naiknya tinggi sekali, ini sudah Rp 70.000 per kilogram padahal sebelumnya hanya Rp 50 ribu per kilogram," ungkap Memi, Kamis (19/12), ketika ditemui jurnalis Kompas online di Pasar Pinasungkulan Karombasan, Manado. 

Situasi serupa juga terjadi di Pasar Bersehati, yang dikenal sebagai salah satu pasar tradisional terbesar di Manado. "Kalau tomat malah sudah naik 100 persen, dari sebelumnya Rp 6.000 per kilo, sekarang kami menjualnya Rp 12.000," tutur Idris, salah satu pedagang di Pasar Bersehati.

Merasakan hal ini, para ibu di Manado pun bereaksi. Kepada pewarta, mereka mengeluhkan kenaikan-kenaikan harga bahan-bahan pokok yang terjadi satu pekan sebelum Natal tersebut. Ditakutkan, keadaan tidak menjadi lebih baik ke depannya. Mereka menduga harga cabai yang kini sudah berkisar Rp 70.000 akan merangkak naik hingga Rp 100.000 pada saat H-2 hari Natal.

Pemerintah seharusnya sudah bisa mengantisipasi lonjakan harga yang bakal dibuat para pedagang. Sebab, peristiwa ini bukanlah peristiwa sekali terjadi, tetapi berulang-ulang kali. Jika dalam praktiknya masih terdapat masyarakat yang berteriak mengenai melambungnya harga berarti secara tidak langsung pemerintah tidak belajar atau tidak mau belajar dari sebelum-sebelumnya dan itu menyedihkan.

 

Baca juga : 

Dua Negara Ini Alami Hujan Salju Pertama Saat Natal

Jack Sim, Pemilik 16 Perusahaan yang Banting Stir Jadi Pekerja Sosial

Berdoa di Dalam Hutan

Mujizat Kesembuhan Terjadi Dalam Hidupku

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI 

Sumber : kompas.com / budhainto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami