Seimbangkan Kebiasaan Lembur Anda Dengan Ini

Serba-Serbi Sehat / 21 December 2013

Kalangan Sendiri

Seimbangkan Kebiasaan Lembur Anda Dengan Ini

eva Official Writer
4068

Bagi Anda yang diharuskan lembur terlebih lagi menjelang liburan akhir tahun ini tentu hal ini merupakan sesuatu yang cukup mengganggu. Tahukah Anda bahwa jika dilakukan secara sering, lembur dapat membahayakan kesehatan Anda? Apalagi baru-baru ini dikabarkan seorang copy writer dari salah satu perusahaan di Jakarta meninggal akibat lembur selama puluhan jam.

Kali ini Jawaban akan bagi beberapa tips cara menyeimbangkan kebiasaan lembur/kerja dengan kehidupan yang lebih baik:

1. Hidup Sehat

Akibat lembur terlalu sering mengakibatkan tidak sedikit orang yang mengkonsumsi junk food. Akibatnya hal tersebut berakibat buruk bagi kesehatan. Untuk menghindari bahaya kebiasaan lembur bagi kesehatan, maka perlu dipraktikkan metode hidup sehat, seperti menjaga pola makan yang bergizi dan sehat. Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Anda dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran serta makanan bergizi yang tinggi protein tapi rendah kolesterol. Hal ini untuk menjaga pola kerja jantung Anda sehingga mampu bekerja optimal.

2. Olahraga teratur

Sediakan waktu minimal 30 menit untuk berolahraga ringan 3 kali seminggu (minimal). Anda bisa melakukan jogging di pagi hari atau berjalan kaki saat jam makan siang (tidak menggunakan lift). Sering menggerakkan tubuh dan mengurangi stress juga bisa melindungi Anda dari resiko serangan jantung.

3. Istirahat Cukup

Hasil studi dari Finnish Institute of Occupational Health menemukan orang yang bekerja di atas 8 jam setiap hari memiliki kenaikan risiko terkena serangan jantung 40 hingga 80 persen. Selain itu pekerja yang bekerja lebih dari 55 jam seminggu memiliki penurunan fungsi otak, kecerdasan, dan kemampuan menyimpan memori jangka pendek. Oleh karena itu, tidur/istirahat yang cukup sangat dianjurkan. Anda juga bisa meluangkan waktu untuk liburan di akhir pekan atau melakukan hal positif yang mampu meregangkan kembali otak Anda sebelum beraktifitas kembali.

Baca juga:

Mau Cantik dan Awet Muda? Konsumsi Teh Hijau

Kenali Tahap Penyebaran AIDS dalam Tubuh

Bahaya Stres Bagi Otak

Bawang Putih Dipercaya Cegah Kanker Paru-Paru

Riset: Nanas Bisa Sembuhkan Luka Diabetes

Diet Tanpa Sarapan Pagi, Sehatkah?

Kenali Tanda Osteoporosis Sejak Sekarang

Latihan Fisik yang Dapat Sembuhkan Osteoporosis

Temukan Pasangan hidup Lewat hobi. Mungkinkah?

Tips Cerdas Temukan Pasangan Lewat Media Sosial

Ketika Pengorbanan Berubah Menjadi Dimanfaatkan

Sumber : berbagai sumber/Eva
Halaman :
1

Ikuti Kami