4 Tokoh Alkitab Yang Bernubuat Tentang Yesus
Sumber: Adventist News Network

Kata Alkitab / 7 December 2021

Kalangan Sendiri

4 Tokoh Alkitab Yang Bernubuat Tentang Yesus

Lois Official Writer
58326

Ada beberapa tokoh di dalam Alkitab khususnya Perjanjian Lama yang pernah menubuatkan tentang kedatangan Yesus ke dalam dunia, yang dikenal juga dengan perayaan Natal. Mereka menubuatkan tentang kedatangan seorang Juru Selamat ke dalam dunia.

Tokoh-tokoh yang pernah menubuatkan atau yang melihat Yesus akan datang bahkan sebelum itu terjadi adalah :

1# Yesaya

Di pasal ke-9, Yesaya menulis bahwa tidak selamanya ada kesuraman di negeri yang terimpit itu. Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar. Bahkan dikatakan dengan jelas, “Seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang : Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

"Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai." (Yesaya 9:6)

2# Daniel

Malaikat Gabriel datang kepada Daniel, sebagai orang yang sangat dikasihi Tuhan dan dia mengatakan bahwa akan ada tujuh puluh kali tujuh masa dimana Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja.

"Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan. Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan." (Daniel 9:25-26)

 

Baca Juga: 10 Tokoh Natal Dalam Alkitab Ini Jadi Saksi Kelahiran Yesus Lho!

 

3# Mikha

Mikha menunjukkan kepada kita dimana Yesus akan lahir, yaitu Betlehem Efrata. Hal ini tertuang dalam Mikha 5: 1-4. Di kitab ini juga disebutkan bahwa dia menjadi damai sejahtera, meskipun nama “Yesus” sama sekali tidak disebutkan. Mikha pun menyebutkan bahwa Dia akan menjadi besar sampai ke ujung bumi, dan lihatlah nubuatan itu pun telah digenapi.

"Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala." (Mikha 5: 2)

4# Zakharia

Mungkin kitab inilah yang paling banyak berbicara tentang kedatangan Mesias yaitu di Zakharia 9-14. Di dalam kitab ini jugalah dikatakan Mesias akan datang dengan mengendarai seekor keledai muda, Mesias pun akan memberikan damai kepada bangsa-bangsa dan wilayah kekuasaannya terbentang sampai ke ujung bumi.

"Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda." (Zakharia 9: 9)

 

Baca Juga: 

12 Ayat Alkitab Nubuatan Kelahiran Yesus dan Semuanya Digenapi Loh! (1/2)

 

12 Ayat Alkitab yang Nubuatkan Kelahiran Yesus dan Semuanya Digenapi Loh! (2/2)

 

Nubuatan nabi-nabi dari berbeda jaman ini sudah tergenapi ketika Yesus lahir. Dia lahir dan mati bagi kita. Kehidupan-Nya bahkan kematian-Nya memberi dampak yang besar, tapi kebangkitan-Nya dan kemenangan-Nya atas kematian memberikan kepastian yang lebih besar lagi, bahwa dosa kita sudah ditebus. Karena itu, pergunakanlah apa yang ada pada kita untuk kemuliaan-Nya.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami