9 Dari 10 Orang Suka Jokowi, Yang Ga Suka Jadi Public Enemy
Sumber: jawaban.com

Nasional / 17 December 2013

Kalangan Sendiri

9 Dari 10 Orang Suka Jokowi, Yang Ga Suka Jadi Public Enemy

Lois Official Writer
4024

Survei Cyrus Network menunjukkan bahwa sebanyak 9 dari 10 orang responden membicarakan Jokowi dengan nada positif. Hal ini menunjukkan tingkat elektabilitas Joko Widodo terus meroket meski belum dicalonkan sebagai capres 2014. “Mereka mengenal Jokowi dengan perasaan suka,” ujar Direktur Riset Cyrus Network Eko Dafid Afianto di Jakarta, 15 Desember 2013.

Menurut Eko, setiap orang yang mengkritik Jokowi, apalagi menyudutkannya, akan menerima konsekuensi sebagai public enemy atau musuh bagi orang banyak. Survei yang diadakan sebanyak empat kali sejak Agustus 2013 hingga November 2013 ini diikuti oleh 1.020 orang, tersebar di 204 desa, 33 provinsi Indonesia. Dengan sistem tatap muka, Cyrus mengklaim surveinya dibuat atas biaya sendiri.

Menurutnya lagi, publik cenderung kehilangan rasionalitas dan obyektivitas dalam memberikan penilaian, karena adanya pencampuran argumentasi dengan mitos yang menganggap Jokowi sebagai tokoh yang tak boleh salah dan dikritik. Karena itulah, namanya didengar oleh 66,9 persen responden. Sebanyak 62,7 persen memberikan penilaian positif setiap membicarakan Jokowi.

Tokoh kedua yang memperoleh perhatian publik setelah Jokowi adalah Megawati Soekarnoputri sebanyak 47,5 persen, dan disusul oleh Prabowo Subianto sebanyak 43,9 persen.

Hal ini tentu membuat Jokowi, Gubernur DKI Jakarta dielu-elukan oleh rakyat sebagai capres 2014, hal yang mana sudah dibuktikan rakyat dengan dibuatnya berbagai gerakan agar Jokowi dapat maju sebagai presiden. Jika rakyat terus-terusan melakukan hal ini, bisakah Jokowi akan dipilih langsung oleh rakyat tanpa melalui pemilu?

 

Baca juga :

Berbagai Sajian Makanan Bernuansa Natal

Mengenal Natal Lewat Sejarah

Ajarkan Anak Natal, Ajarkan Kasih 

Sekerat Roti di Malam Natal 

Tips Agar Kue Kering Tidak Keras

Setelah 10 Tahun Menunggu, Akhirnya Dapat Juga

Peluang Usaha Baru : Iklan di Tisu Toilet

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami