Ayo Kenali Bedanya Teh Hitam dan Teh Hijau

Info Sehat / 12 December 2013

Kalangan Sendiri

Ayo Kenali Bedanya Teh Hitam dan Teh Hijau

Yenny Kartika Official Writer
12765

Baik teh hitam maupun teh hijau sama-sama sedap diseruput dan memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan. Terus, di mana letak perbedaan antara dedaunan yang nikmat diseduh dengan air panas ini?

Teh hitam banyak dikonsumsi oleh penduduk China dan India. Peminum teh hitam biasanya memiliki lebih sedikit resiko terkena penyakit jantung. Ini disebabkan oleh kandungan flavanoid dalam teh ini, yang dapat menghambat produksi kolesterol di dalam tubuh. Sebuah institusi di Belanda bahkan menemukan bahwa teh hitam mampu mengurangi resiko penyakit stroke. Selain itu, teh hitam baik bagi pencernaan dan meningkatkan laju metabolisme.

Teh hijau sebenarnya memiliki manfaat yang hampir sama dengan teh hitam. Lalu, di mana letak perbedaan antara teh hijau dan hitam?

Baik teh hitam maupun teh hijau sama-sama dihasilkan dari daun tumbuhan Camellia sinensis. Teh hitam terbentuk setelah daun-daun melewati proses oksidasi (yakni proses kimiawi yang terjadi akibat paparan oksigen), sementara teh hijau tidak melalui proses tersebut. Oksidasi menyebabkan perubahan rasa dan warna pada daun teh.

Teh hitam dan teh hijau juga mengandung kafein yang cukup tinggi. Namun, kandungan kafein pada teh hitam adalah 2-3 kali lebih besar dibandingkan teh hijau.

Yang pasti, kedua jenis teh ini memiliki manfaat yang cukup unggul dibandingkan dengan buah maupun sayur. “Baik hijau maupun hitam, teh memiliki polifenol sekitar 8 sampai 10 kali lebih banyak dibandingkan buah dan sayuran,” kata John Weisburger, PhD, peneliti senior dari Institute for Cancer Prevention, AS. Polifenol merupakan salah satu antioksidan, yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Weisburger juga memuji peminum teh terbanyak di dunia, seperti Jepang dan China. Mereka jelas menikmati benefit kesehatan dari kebiasaan mereka minum teh. “Penduduk Jepang dan China lebih sedikit yang terserang penyakit jantung dan tidak mengalami kanker-kanker tertentu seperti yang kita alami di Barat,” pungkasnya.

 

BACA JUGA:

Nikmatnya Teh Hijau, Memberi Manfaat Hindarkan Kanker Serviks

Hanya Dengan Minum Teh Hijau, Tak Takut Rambut Rontok Lagi

Solusi Sehat Sajikan Teh Hijau

Justin Bieber: Media Mem-bully Aku

Kisah Nyata Colton Todd Burpo, Dibawa ke Sorga di Usia 3 Tahun

The Woman of Christmas

Guru Di Sekolah Katolik Dipecat Karena Menikahi Pasangan Homonya

Yuk, Rayakan Bersama Ultah Jawaban.com ke-10 !

Forum JC Punya Cerita di Ultah ke-10 Jawaban.com

Sumber : berbagai sumber/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami