Jakarta Langka Tabung Gas Elpiji 3 Kg
Sumber: halloriau.com

Nasional / 8 December 2013

Kalangan Sendiri

Jakarta Langka Tabung Gas Elpiji 3 Kg

Budhi Marpaung Official Writer
5397

Jelang Natal dan Tahun Baru 2014, masyarakat di DKI Jakarta diperhadapkan dengan susahnya memperoleh tabung gas LPG (baca: elpiji) 3 kilogram. Berdasarkan penelusuran wartawan Tempo, Sabtu (7/12) kemarin ke sejumlah toko, agen, dan pangkalan, ditemukan bahwa jumlah pasokan gas elpiji berkurang mencapai setengah dari jumlah pasokan pada biasanya. 

Pemilik pangkalan gas elpiji di Bintaro, Jakarta Selatan, David, 28 tahun, mengungkapkan tokonya mulai kekurangan pasokan gas LPG 3 kilogram sejak Oktober 2013.

"Dari setelah lebaran haji mulai kurang yang gas 3 kilo. Per hari pesen 400 tabung, yang dateng cuma 200 tabung," ujar David, Sabtu (7/12). David menuturkan akibat berkurangnya pasokan LPG yang ia terima maka terpaksa dirinya pun menaikkan harga sejak pekan lalu. Gas LPG 3 kilogram yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 13.500, kini dijual Rp 14.000. 

Menanggapi kelangkaan gas elpiji di Jakarta, Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Eri Purnomohadi menyatakan hal ini bisa terjadi karena bisa saja pemilik pangkalan bermasalah dengan piha agen.

"Pangkalan yang seharusnya ditelusuri. Dia kontraknya berapa, per hari, minggu atau bulan. Lalu perlu dicari tahu juga apakah agen itu membayarkan tagihan sesuai jumlah tabung yang dipesan atau tidak," tutur Eri.

Terlepas persoalan pemilik pangkalan dengan agen, pemerintah pusat dan provinsi harus cepat turun tangan mengatasi permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat ini. Jangan menunggu masyarakat bereaksi keras dahulu baru bertindak. Jika bisa diatasi dengan cepat, mengapa harus menunggu lama-lama?

 

Baca juga : 

Inilah Catatan Sukses Timnas Indonesia di SEA Games

Kotak Isi Cinta

Mujizat Kesembuhan Terjadi Dalam Hidupku

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI  

Cara Tepat Mendiagnosa HIV/AIDS

Sumber : tempo.co / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami