Banyak Pria dan WPS Enggan Periksa HIV/AIDS

Info Sehat / 5 December 2013

Kalangan Sendiri

Banyak Pria dan WPS Enggan Periksa HIV/AIDS

Yenny Kartika Official Writer
5807

Meskipun berisiko terkena penyakit HIV/AIDS, banyak pria dan dan Wanita Pekerja Seks (WPS) yang enggan memeriksakan dirinya, terutama yang pernah melakukan seks bebas dan tidak memakai kondom.

Menurut dr. T. Yeni Febrina, Ketua Gerakan Sehat Masyarakat (GSM), banyak pria berisiko HIV/AIDS yang tidak jujur mengenai kondisinya. “Padahal, mereka sangat berisiko menularkannya kepada istrinya. Kadang kita jumpa di tempat aja, gak ada yang mau mengaku,” kata Yeni di perhelatan Laporan Survey dari GSM, Human Health Organization (H2O) dan Yayasan Galatea, Senin (2/12) di Medan.

Yeni menambahkan, masa ada juga WPS yang tidak mengecek di puskesmas apakah menderita Infeksi Menular Seksual (IMS). Padahal, menurut Yeni, IMS seringkali tidak menunjukkan gejala namun terasa sakit.

Banyak WPS yang sungkan datang ke tempat pemeriksaan karena kurangnya pengetahuan dan waktu. “Kecuali yang sudah akrab dengan dokternya, mereka familiar. Mereka juga enggan datang karena pelayanan di puskesmas kan juga untuk layanan kesehatan umum, jadi mereka takut ada yang tahu,” kata Yeni.

Yeni menghimbau agar masyarakat, terutama WPS dan kaum pria, agar memeriksakan diri untuk mengetahui risiko IMS dan HIV/AIDS. Mereka diajak supaya tidak ragu dan takut menuju ke puskesmas untuk mendapatkan pelayanan. “Kalau hasil yang didapat setelah dilakukan screening dan pemeriksaan, itu rahasia dan hanya diketahui petugas dan orangnya yang diperiksa,” kata Yeni.

 

BACA JUGA:

Nutrisi Sehat dan Aman bagi Penderita HIV/AIDS

Brryan Jackson Ampuni Sang Ayah yang Suntikan HIV saat Bayi

Seleb Ungkapkan Duka Kematian Paul Walker di Twitter

Bagaimana Jika Yesus Tidak Pernah Lahir?

Pendiri TBN Paul Crouch Tutup Usia

VIDEO: Bayi-bayi Ini Lahir di Tengah Terjangan Topan Haiyan

VIDEO: Tuna Wisma Ini Dijuluki Orang Samaria yang Baik Hati

Do Something in Imago Film Festival!


Sumber : BeritaSore/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami