Tanda-Tanda Orangtua / Mertua Terlalu Ikut Campur

Marriage / 1 December 2013

Kalangan Sendiri

Tanda-Tanda Orangtua / Mertua Terlalu Ikut Campur

Lois Official Writer
15486

Setelah mempunyai keluarga yang baru, memang seringkali orangtua ataupun mertua nampaknya ingin terus campur tangan dalam kehidupan kita. Selama itu masih dalam jalurnya, bahkan membuat kita lebih mengerti tentang rumah tangga, maka itu baik adanya. Namun, jika sudah melakukan hal-hal ini, sebaiknya mulai dibatasi yaitu :

Mengontrol Persiapan Pernikahan

Saat Anda baru menyiapkan pernikahan sekalipun, mereka ingin ikut serta dalam semua pengambilan keputusan soal persiapan pernikahan ini. Wajar jika orangtua / mertua ingin mengundang teman-teman mereka. Namun menjadi tidak wajar bila mereka pada akhirnya ingin menentukan siapa-siapa saja yang boleh diundang, bahkan teman Anda sekalipun.

Merasa Menjadi Teman Dekat Anda

Selalu menelepon tak kenal waktu seolah-olah hal itu wajar, padahal mungkin dia tahu bahwa Anda sibuk bekerja. Orangtua sekalipun akan sadar bahwa ada saatnya anak harus dibiarkan. Apalagi alasan menelepon ternyata untuk menawarkan nasihat / mengkritik cara berpakaian, berdandan, atau apapun itu.

Ingin Ikut Berbulan Madu

Memang aneh tapi nyata. Ada orangtua / mertua yang ingin ikut ketika anaknya berbulan madu. Mereka tidak bisa jauh dari anaknya dan sepertinya tak mau sang anak berlibur tanpa dirinya.

Jadi Pemicu Pertengkaran Anda dengan Pasangan

Pertengkaran wajar terjadi, juga termasuk soal orangtua / mertua. Namun kalau alasan yang satu ini menjadi alasan seringnya Anda bertengkar dengan pasangan, maka berhati-hatilah. Mertua tipe ini bisa saja sengaja melakukannya dan melontarkan topik yang membuat hati Anda panas. Dia memanfaatkan kelemahan Anda.

Membersihkan dan Membereskan Rumah

Sejumlah orangtua / mertua bisa jadi tulus saat membantu dan meringankan pekerjaan Anda. Namun, ada pula yang punya motivasi dengan maksud membuat Anda malu ataupun mengkritik cara Anda mengurus rumah. Yang mana tipe mertua Anda, Anda sendiri yang tahu.

Sering Meminta Waktu Untuk Bersama Anaknya

Alkitab katakan ketika sudah bersatu dengan istrinya, laki-laki meninggalkan ayah dan ibunya. Meninggalkan di sini bukan dalam bentuk harafiah, namun seharusnya ayah dan ibu tahu bahwa prioritas anak adalah keluarga kecilnya yang dia bentuk sendiri. Jadi, jika selalu meminta perhatian anak, maka dia berusaha dinomorsatukan oleh anaknya.

Membuat Menantu Merasa Bersalah

Rasa bersalah dan tidak mampu menjadi salah satu senjatanya untuk mendera menantunya. Namun jangan termakan oleh hal ini. Misalnya saja, ketika Anda ingin pindah rumah, dia bisa membuat Anda merasa bersalah karena menjauhkannya dari anaknya. Tapi jangan termakan.

Memperlakukan Anak Seperti Masih Anak-Anak

Berbahaya jika ternyata orangtua / mertua masih memperlakukan anaknya seperti masih anak-anak. Misalnya saja, menyuapinya makan, membelikannya baju dan lain-lain. Hal ini sangat tidak mendidik.

Mendikte Anda dan Pasangan

Ini jelas-jelas masalah serius dan harus dibicarakan dengan pasangan. Setiap orangtua harus bertindak sebagai penasihat tapi bukan otoriter yang mendikte apa saja yang harus dilakukan. Sama seperti ketika kita bayi, mereka membiarkan kita agar kita bisa berjalan.

Ingin Tinggal Bersama

Jika tinggal bersama salah satu orangtua merupakan keputusan suami istri, hal ini tidak apa-apa. Namun bila mertua setengah mati ingin tinggal bersama Anda dan pasangan, padahal dia masih punya sendiri, maka dia tidak bisa menerima kenyataan kalau anaknya sudah menikah.

Jadi perhatikanlah sikap-sikap membahayakan di atas. Namun pada dasarnya, orangtua ingin melihat anaknya bahagia, hanya saja seringkali melakukan hal-hal yang tak seharusnya. Namun, jika memang ada yang keterlaluan seperti gambaran di atas, maka tak ada salahnya komunikasikan berdua dan minta petunjuk dari pemimpin rohani jika diperlukan.

 

Baca juga :

Menjadi Sahabat Bagi Pasangan : Suami Kepada Istri (2-end)

Mengapa Natal Jadi Sukacita Terbesar dalam Hidup?

Saat Orangtua Ikut Campur Ngurus Anak

Film Terbaik Tentang Kalkun : Free Birds

10 Cara Makan Fast Food Tapi Tetap Sehat

9 Pernikahan Artis Hollywood Tersingkat, Paling Lama 9 Hari Saja

Forum : Bakti Sosial 7 Desember 2013, Mau Ikutan?

Sumber : pesatnews.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami