Umat Kristen Diajak Untuk Berjalan Dalam Perdamaian

Umat Kristen Diajak Untuk Berjalan Dalam Perdamaian

daniel.tanamal Official Writer
3477

Ditengah konflik dan perseteruan global yang masih berlangsung dibeberapa kwasan didunia, Dewan Gereja-gereja Dunia memandang perlunya umat Kristen dunia untuk menanamkan keyakinan menuju keadilan dan perdamaian.

Hal itu disinggung oleh Moderator Komite Sentral Dewan Gereja-gereja Dunia (World Council of Churches / WCC), Dr Walter Altmann ketikan menyampaikan pokok-pokok laporannya hari Rabu (30/10) pada pleno pertama sidang di Busan, Korea Selatan.

Altmann menilik pada sidang WCC terakhir di Brasil tahun 2006 dimana saat itu adalah Dekade WCC Menghadapi Tindak Kekerasan. Sidang tersebut menghasilkan sejumlah inisiatif dari gereja-gereja anggota, dengan sebuah proses yang memuncak pada terbentuknya Konvokasi Perdamaian Ekumenis Internasional di Jamaika  tahun 2011.

Menurut Altmann, langkah itu telah melahirkan sebuah "panggilan untuk perdamaian dengan keadilan" yang merupakan "nilai yang agung" bagi dunia  yang terganggu oleh kekerasan dan perang.

Beberapa inisiatif WCC yang disebutkannya langsung menangani isu-isu yang timbul dari perubahan dalam konstelasi keagamaan global adalah dokumen WCC seperti pernyataan keesaan gereja menuju visi umum dan bersama terhadap kehidupan, misi dan penginjilan dalam mengubah lanskap adalah contoh upaya membantu mendampingi gereja dalam merespons berbagai tantangan yang muncul.

 

Sumber : oikoumene.org
Halaman :
1

Ikuti Kami