6 Alasan Majelis Kasasi Putuskan Dr Ayu Bersalah
Sumber: liputan6.com

Nasional / 28 November 2013

Kalangan Sendiri

6 Alasan Majelis Kasasi Putuskan Dr Ayu Bersalah

Lois Official Writer
5531

Ribuan dokter melakukan long march dan menyedot perhatian masyarakat pada Rabu (27/11/2013) kemarin. Aksi ini dipicu oleh vonis Mahkamah Agung yang menghukum dokter Dewa Ayu Sasiary Prawan (38) beserta dua koleganya karena pasien mereka, Julia Fransiska Maketey meninggal saat berada dalam perawatan mereka di Rumah Sakit R.D. Kandou Malalayang, Manado, Sulawesi Utara, pada 10 April 2010.

Kasus ini kemudian dibawa ke pengadilan, hasilnya Ayu dan kedua rekannya yang bernama Hendy Siagiaan dan Hendry Simanjuntak dinyatakan tidak bersalah. Di tingkat kasasi, ketiga dokter ini pun divonis 10 bulan penjara karena Julia akhirnya meninggal saat melahirkan. Ini dia pertimbangan majelis kasasi tersebut :

1.Julia dinyatakan dalam keadaan darurat pada pukul 18.30 WITA, padahal seharusnya dinyatakan darurat sejak dia masuk rumah sakit pada pagi hari.

2.Sebagian tindakan medis Ayu dan rekan-rekannya tidak dimasukkan ke dalam rekam medis.

3. Ayu tidak mengetahui pemasangan infus dan jenis obat infus yang diberikan pada korban

4. Meski Ayu menugasi Hendy memberitahu rencana tindakan kepada pasien dan keluarganya, Hendy tidak melakukannya. Dia malah menyerahkan lembar persetujuan tindakan yang telah ditandatangani Julia kepada Ayu, yang ternyata tanda tangan di dalamnya palsu

5. Tidak ada koordinasi yang baik dalam tim Ayu saat melakukan tindakan medis

6. Tidak ada persiapan jika korban mendadak mengalami keadaan darurat

Tuduhan yang disampaikan majelis kasasi ini dinilai tidak berdasar oleh pengacara Ayu, O.C Kaligis. Dalam persidangan di pengadilan negeri, menurut Kaligis, sudah dihadirkan saksi ahli kedokteran yang menyatakan Ayu dan dua rekannya tak melakukan kesalahan prosedural. Dengan adanya bukti-bukti kebersalahan ataupun ketidakbersalahan ketiganya, maka kasus ini dapat menemui jalan keluar.

 

Baca juga :

Menjadi Sahabat Bagi Pasangan : Suami Kepada Istri (2-end)

Ciri-Ciri Bakso Sapi yang Aman Dikonsumsi

Mengakhiri Pertandingan dengan Baik

Dampak Kehadiran Orangtua Bagi Tumbuh Kembang Anak

Warrior of the Steppe, Perjuangan Kazakhstan Merebut Kemerdekaan

Langkah-Langkah Ini Buat Paru-Paru Tetap Kuat

10 Cara Makan Fast Food Tapi Tetap Sehat

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami