Menkes Dukung PK untuk Vonis dr Ayu
Sumber: Kabarbanjarmasin.com

Nasional / 27 November 2013

Kalangan Sendiri

Menkes Dukung PK untuk Vonis dr Ayu

Lori Official Writer
4066

Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi tampak memberi dukungan terhadap rekan sejawat dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terkait dukungan solidaritas terhadap kasus yang menimpa dr Ayu. Nafsiah menunjukkan dukungan saat para dokter mengadakan mogok dan tengah mengajukan Pengajuan Kembali (PK) atas vonis yang ditimpakan kepada dr Ayu dan dua rekan lainnya.

“Kita sedang mengajukan PK, kami sudah berusaha dan bentuk tim teknis agar semua yang bisa kita lakukan kita lakuka,” jelasnya.

Menurutnya, tudingan malpraktek oleh tiga dokter Rumah Sakit R.D Kandou Malalayang, Manado yang mengakibatkan kematian pasien atas nama Julia Fransiska Maketey ini tidak benar. Seorang dokter, katanya, tidak mungkin memiliki niat untuk membuat pasiennya lebih sakit atau meninggal.

“Seseorang menjadi dokter masak sih untuk membunuh, kan tidak mungkin. Seseorang jadi dokter karena ingin selamatkan jiwa orang lain. Dokter Ayu pun demikian, berusaha menolong ibu hamil dan anaknya yang memang sedang gawat,” lanjutnya.

Tak hanya Menkes, namun sejumlah lembaga negara seperti Komisi Kesehatan DPR pun mendukung tindakan ini lantaran dinilai sebagai bentuk solidaritas rekan seprofesi.

Kasus yang menimpa dr Ayu dan dua rekannya ini terjadi pada 10 Juli 2010 silam. Ketiganya dituding melakukan malpraktek yang berujung pada kematian pasien. Tak terima dengan itu, keluarga korban menuntut ketiganya ke Pengadilan Negeri (PN) Manado. Hingga Mahkamah Agung (MA) menjatuhkan vonis 10 bulan penjara terhadap masing-masing dokter.

Kasus ini kiranya memberi hikmah bagi seluruh masyarakat dan dokter di tanah air. Berprofesi sebagai dokter tidaklah mudah, lantaran memiliki tanggung jawab moral terkait pada keselamatan nyawa.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Gamawan Fauzi: Aliran Kepercayaan Kan Tetap Beragama

Guru di Pekanbaru Ini Cari Uang Tambahan dengan Ngamen

Tiba di Vatikan, Putin dan Paus Fransiskus Bahas Nasib Kristen di Suriah

Pernak-pernik Natal Diburu, Saatnya Jadi Reseller!

Gelar Pahlawan Nasional T.B Simatupang Dirayakan

Jual Foto dari Twitter, AFP Didenda Rp14 Miliar

Mujizat Kesembuhan Terjadi Dalam Hidupku

Sumber : Beritasatu.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami