10 Cara Makan Fast Food Tapi Tetap Sehat
Sumber: merdeka.com

Entertainment / 25 November 2013

Kalangan Sendiri

10 Cara Makan Fast Food Tapi Tetap Sehat

Lois Official Writer
5280

Makanan cepat saji atau biasa yang dikenal dengan fast food memang sangat menggoda. Sebut saja kentang goreng, kebab, pizza, burger, ayam goreng dan masih banyak lainnya. Jangan kuatir jika ingin makan makanan seperti ini namun bisa tetap sehat. Berikut ini tipsnya :

Tidak Terlalu Sering

Hal yang paling penting untuk diingat adalah makanan cepat saji ini jangan terlalu sering dimakan. Yang disarankan adalah pergi ke restoran cepat saji ini maksimal satu kali dalam sebulan.

Memilih Menu Sehat

Biasanya di restoran cepat saji sekalipun, ada menu sehatnya seperti salad. Namun yang perlu diingat adalah jangan berlebihan dalam menambahkan mayonnaise atau keju di dalamnya karena keduanya memiliki kalori yang begitu tinggi. Hal ini menyebabkan salad menjadi hidangan yang tidak sehat lagi.

Makanan yang Jangan Dimakan

Makanan ini bukan hanya berkalori tinggi, namun juga tidak mengandung nilai gizi sama sekali. Beberapa makanan yang harus dihindari yaitu mayonnaise, makanan yang digoreng terlalu kering, dan juga es krim.

Minum Air Putih

Katakan tidak pada minuman bersoda. Minumlah air putih yang tidak berkalori. Hal ini menghindarkan Anda dari resiko makan berlebihan dan tidak terkontrol. Jika tidak, minumlah jus jeruk yang biasanya terdapat pada restoran cepat saji.

Makan Pelan-Pelan

Jangan terburu-buru menghabiskannya. Kunyah dengan seksama untuk memberi waktu pada otak yang menyadarkan tubuh. Makan pelan-pelan juga dianjurkan demi kesehatan pencernaan.

Porsi Kecil

Pilihlah porsi yang paling kecil, karena rata-rata satu porsi fast food di restoran cepat saji ini mengandung 100 kalori, jadi Anda perlu mengontrol asupan kalori Anda.

Hindari Buffet

Buffet adalah makanan mengambil sendiri sepuasnya di restoran. Hal ini membuat Anda tidak dapat mengontrol asupan yang masuk. Jika memang terpaksa, pilihlah makanan yang direbus atau dikukus. Tunggu 20 menit sebelum memutuskan apakah Anda benar-benar sudah kenyang atau masih lapar dan ingin menambah porsi berikutnya.

Asupan Sodium

Kadar sodium tinggi pada tubuh dapat menimbulkan gangguan padaa kardiovaskular (sistem peredaran darah). Batasi asupan sodium sebesar 1500 miligram setiap hari. Kebanyakan fast food mengandung 1500 miligram sodium di setiap sajiannya. Jadi jika Anda sudah memesan ayam goreng, sebaiknya jangan membeli kentang goreng juga.

Perhatikan Taburannya

Daripada taburannya mayonnaise ataupun keju, coba tanyakan apakah Anda bisa mengubah taburannya menjadi sayuran seperti tomat atau selada. Makan fast food secara sehat pun dapat dilakukan.

Setelah beberapa tips di atas, sekarang Anda bisa makan makanan cepat saji tanpa perlu merasa kuatir. Hanya saja, perlu diingat aturan mainnya agar tubuh tetap sehat dan kuat.


Baca juga :

Menjadi Sahabat Bagi Pasangan : Suami Kepada Istri (2-end)

Ciri-Ciri Bakso Sapi yang Aman Dikonsumsi

Mengakhiri Pertandingan dengan Baik

Dampak Kehadiran Orangtua Bagi Tumbuh Kembang Anak

Warrior of the Steppe, Perjuangan Kazakhstan Merebut Kemerdekaan

Langkah-Langkah Ini Buat Paru-Paru Tetap Kuat

Sumber : merdeka.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami