Ini Tips Jitu Tangkal Penyadapan Ala Onno Purbo
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 23 November 2013

Kalangan Sendiri

Ini Tips Jitu Tangkal Penyadapan Ala Onno Purbo

Lori Official Writer
4065

Onno W Purbo seorang pakar teknologi dan internet membeebrkan tips jitu tangkal penyadapan seperti yang dilakukan oleh Australia terhadap ponsel pribadi Presiden SBY dan sejumlah pejabat negara lainnya.

Menurut Onno langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menghindari penyadapan adalah dengan segera mengganti nomor telepon/SIM Card. Bila berbicara hal penting, maka dianjurkan untuk menggunakan enkripsi dan dikoordinasikan kepada lembaga/operator terkait untuk proses forensik.

“Namun yang biasanya sulit diketahui adalah memastikan bahwa telepon kita memang disadap,” ujar Onno, seperti dilansir Liputan6.com, Jumat (22/11).

Namun ia memberi solusi lain untuk mencegah hal itu terjadi, yakni salah satunya adalah dengan menggunakan komunikasi publik. “Usahakan untuk menggunakan saluran yang ada jaminan milik indonesia/sendiri dan usahakan untuk meng-enkripsi komunikasi”.

Sementara untuk web atau internet, pria lulusan ITB ini agar lebih baik menggunakan fasilitas pentest seperti dalam sistem operasi backtract dan linux.   

Sedang untuk jaringan, perlu dipasang honeynet dan instruction Detection System & Instrusion Prevention System untuk panggilan darurat. Untuk pertahanan jangka panjang disarankan menjaga keamanan password dan memakai peralatan telekomunikasi buatan sendiri bukan asing.

Bila selama ini, pemerintah kita tidak menyadari bahwa kasus penyadapan menjadi cukup rentan, maka pengalaman tersebut menjadi pembelajaran.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Heboh! Konflik Indonesia-Australia dari Penyadapan Hingga Hinaan

Ini Situs-Situs Pemerintah Australia yang Diretas

Angie Divonis 12 Tahun, KPK: Harapan Masih Ada

Frozen Disney, Keberanian dan Ketangguhan Seorang Putri

Paus Francis: Tiada Timur Tengah Tanpa Kekristenan


Sumber : Liputan6.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami