Tiga Kesuksesan Indonesia di SEA Games 2011

Nasional / 22 November 2013

Kalangan Sendiri

Tiga Kesuksesan Indonesia di SEA Games 2011

Lori Official Writer
4856

Indonesia menjadi salah satu negara yang ikut serta dalam ajang SEA Games sejak 1977 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Dari masa ke masa, Indonesia mencatat prestasi sebagai juara umum sebanyak 9 kali SEA Games dan empat kali menjadi tuan rumah yakni di tahun 1979, 1987, 1997 dan 2011.   

Untuk diketahui, di SEA Games ke-26 dua tahun silam, Indonesia memperoleh tiga catatan prestasi yang membanggakan, yakni:

Pertama : Sukses sebagai penyelenggara

Dipercayakan sebagai tuan rumah untuk keempat kalinya, lantas Indonesia tercatat sukses menyambut sejumlah negara-negara kawasan Asia Tenggara. Kala itu, sebanyak 44 cabang oleh raga yang dipertandingkan digelar di dua kota yakni Jakarta dan Palembang.

Penyelenggaraan SEA Games ke-26 ini melibatkan 5500 atlet, diantaranya sebanyak 1582 kontingen Indonesia dan sisianya negara lain. Namun ajang olehraga ini tak lepas dari dana yang cukup besar yang menghabiskan anggaran sebesar Rp150 miliar.

Kedua, Sukses dalam Prestasi

Untungnya, dana yang cukup besar itu terbayarkan dengan prestasi menjadi juara umum. Jumlah medali yang dicapai oleh atlet Indonesia dalam cabang terukur sebanyak 262, akurasi 34, permainan 89 dan bela diri 165. Selain itu, Indonesia mampu mencatat rekor pada 23 nomor pertandingan. Total medali Indonesia adalah 182 emas, 151 perak dan 143 perunggu. Disusul dengan Thailand dengan perolehan medali emas 109, perak 100 dan perunggu 120. Sementara tiga besar diduduki oleh Vietnam.

Ketiga, Sukses dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar

Tak dimungkiri bahwa penyelenggaraan SEA Games ke-26 silam cukup memberi faedah bagi masyarakat sekitar. Pasalnya sedikit tidaknya masyarakat sekitar kecipratan untung dari usaha perdagangannya. Fenomena ini tentu sudah sangat lazim ditemui disetiap ajang besar dimana pun juga. Bahkan SEA Games secara tidak langsung menjadi media pengenalan budaya Indonesia bagi negara lain.

Dengan prestasi besar yang ditorehkan oleh kontigen Indonesia di SEA Games yang lalu, menjadi harapan besar bagi Indonesia untuk dapat mempertahankan prestasinya.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Sea Games 2013 : Inilah Skuad Bulutangkis Indonesia

Inilah Jadwal Persiapan SEA Games Timnas U-23 di MNC Cup

Klopp : Borussia Dortmund Dapat Kalahkan Bayern Munchen

Zlatan Ibrahimovic: Tanpa Saya Piala Dunia Tak Menarik!

8 Negara Pendatang di Piala Dunia 2014

Sumber : Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami