Ahok Akan Contoh Brazil Dalam Atasi Kemacetan Ibukota
Sumber: jawaban.com

Nasional / 22 November 2013

Kalangan Sendiri

Ahok Akan Contoh Brazil Dalam Atasi Kemacetan Ibukota

daniel.tanamal Official Writer
2961

Salah satu masalah pelik di ibukota adalah kemacetan yang tak kunjung terselesaiakan. Namun Seiring dengan pertumbuhan pengguna ponsel pintar (smartphone), pilihan untuk menggunakan jalur alternatif melalui aplikasi navigasi pun kini mulai menjadi tren.

Hal ini menjadi catatan tersendiri bagi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang mengungkapkan akan mencontoh Brazil dalam mengatasi kemacetan dengan aplikasi untuk mengatasi masalah kemacetan.

"Kami ingin mencontoh Rio De Jainero yang sukses mengatasi kemacetan setelah bekerja sama dengan Google. Kali ini Pemda DKI bekerja sama dengan aplikasi navigasi Waze," ucapnya di sela media briefing Waze di Hotel Gran Hyatt, Jakarta.

Kerjasama yang terjalin antara Pemda DKI dan Waze memudahkan sinkronisasi data yang dimiliki unit-unit pemerintah. Secara tidak langsung dengan adanya informasi titik-titik kemacetan, pemerintah juga dapat mengontrol jumlah kendaraan di suatu wilayah.

Sedangkan untuk kendaraan umum, pria yang akrab disapa Ahok ini juga menyebut bahwa saat ini bus Trans Jakarta juga sudah dibekali Global Positioning System (GPS). Dengan begitu penumpang dapat mengetahui berapa lama waktu dan seberapa jauh jarak tempuh.

"Setiap tahunnya Jakarta dibanjiri lebih dari 1 juta kendaraan dan jumlahnya akan terus bertambah, dengan begitu jumlah pengguna transportasi umum merasa lebih nyaman," tambah Ahok lagi.



Sumber : okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami