Game Chinlone ala Myanmar Semarakkan SEA Games 2013

Nasional / 18 November 2013

Kalangan Sendiri

Game Chinlone ala Myanmar Semarakkan SEA Games 2013

Yenny Kartika Official Writer
4372

Guna menyemarakkan perhelatan Southeast Asian Games (SEA Games) di Myanmar bulan Desember 2013 mendatang, dengan bangganya dua perusahaan lokal di negara tersebut meluncurkan game online yang bertemakan olahraga khas Myanmar. Game tersebut diberi nama Caneball atau Chinlone dalam bahasa setempat.

Game yang dimainkan di peranti mobile ini mulai didistribusikan pada 25 Oktober 2013 lalu. Adalah Zwenexsys International dan Total Gameplay Studio, dua perusahaan lokal yang mengembangkan game ini.

“Kami memproduksi banyak game internasional. Kini, kami telah menciptakan game khas Myanmar untuk penikmat game Myanmar. Negara lain yang pernah jadi tuan rumah SEA Games telah membuat game mereka sendiri untuk merayakan acara tersebut, jadi kami melakukannya juga,” kata U Myint Kyaw Thu, chief technology officer Total Gameplay.

Karakter-karakter dalam game Chinlone ini tak lain merupakan maskot-maskot SEA Games 2013. Para karakter akan berkumpul menjadi satu tim dan harus memainkan bola rotan (cane ball) tanpa menggunakan tangan. Tugas pemain adalah mengendalikan agar bola tersebut tidak jatuh.  

“Federasi Chinlone Myanmar dibentuk 50 tahun lalu, namun olahraga ini sendiri sudah ada sejak sekitar 1.500 tahun lalu,” kata U Ye Aung, sekretaris jenderal Federasi Chinlone Myanmar.

Game Chinlone dapat diunduh secara gratis dan dimainkan pada peranti mobile berbasis Android maupun iOS.

Sejumlah pecinta game asal Myanmar mengaku bangga dan tertarik dengan game ini.

Myo Satt, warga Bahan, memberikan ucapan selamat atas game berkualitas tinggi ini. “Mereka (para pembuat game, red.) telah memperkenalkan chinlone Myanmar kepada dunia,” katanya.

“Chinlone itu sederhana, namun kami menghargai game ini karena chinlone merupakan game nasional Myanmar,” kata pecinta game lainnya, Ko Win Naing.

 

BACA JUGA:

Ingin Emas, Ini Posisi Sepakbola Indonesia di SEA Games 2013

Jadwal Lengkap Cabang Sepakbola SEA Games 2013

Nikmati Serunya Games Online di www.superbookindo.tv!

Samuel Pratama: Kegalauan Berubah Jadi Pujian Bagi Tuhan

Lapar Akan Tuhan

Jeritan Hati

Kiat Menjadi Konsultan IT yang Handal

Dina Hiji Mangsa Meraih Top Viewers

Sumber : Myanmar Times | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami