Project Loon, Ide Unik Terbangkan Balon Keliling Bumi

Nasional / 17 November 2013

Kalangan Sendiri

Project Loon, Ide Unik Terbangkan Balon Keliling Bumi

Yenny Kartika Official Writer
4038

Google punya niat unik menerbangkan balon-balon di udara selama 100 hari atau 3 kali keliling planet Bumi. Proyek yang baru memasuki tahap awal ini diberi nama Project Loon.

Banyak orang bertanya, bagaimana mungkin balon bisa melayang di udara selama 3 bulan lebih dengan cuaca yang ekstrim di berbagai belahan dunia. Untuk menyiasati problem itu, Google menggunakan material khusus pada balon yang tahan tekanan ekstrim dari cuaca panas maupun dingin.

“Hal terpenting supaya balon mengudara dalam waktu lama adalah memastikan balon tidak bocor. Itu tantangan yang sangat sulit,” kata Pam Desrochers, manager manufaktur balon untuk Project Loon.

Menurut Pam, untuk menguji kekuatan material balon maka dilakukanlah sejumlah uji teknis seperti tegangan biaxial, uji instron pull di udara dingin maupun paparan sinar ultraviolet.

“Kami juga melakukan uji skala-penuh untuk menemukan kebocoran; memompa balon dengan helium sampai tekanan penuh dan menghirup helium tersebut dengan sensor khusus di seluruh permukaan balon untuk mendeteksi kebocoran,” kata Pam dalam video resmi Project Loon yang diunggah Google di YouTube.

Meskipun tampak iseng, rupanya proyek ini berhubungan dengan internet. Project Loon dirancang untuk menghubungkan orang-orang di daerah pinggiran dan pedalaman, mengisi kesenjangan, dan mengumpulkan kembali orang-orang pasca bencana secara online.

“Project Loon merupakan bagian dari tradisi panjang dalam dunia sains balon. Menerbangkan balon dalam waktu begitu lama akan membantu kita berkontribusi bagi peninggalan balon udara,” ujar Pam.

 

BACA JUGA:

Bau Mulut Seperti Aroma Buah? Bisa Jadi Anda Terkena Diabetes!

Dapat Nomor Urut 666, Pelari ini Ogah Bertanding

Miley Cyrus dan Rihanna Dinilai Sudah Keterlaluan

Forgiving Our Parents, Forgiving Ourselves

Paus Francis & Ribuan Katolik Doakan Korban Topan di Filipina

Bermain Sesuai Aturan

Yuk Minum Obat Malam yang Menyembuhkan!

Sumber : Google/Softpedia/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami