Seberapa Peduli Anda Terhadap Pendidikan Anak di Tanah Merah?

Nasional / 15 November 2013

Kalangan Sendiri

Seberapa Peduli Anda Terhadap Pendidikan Anak di Tanah Merah?

Yenny Kartika Official Writer
5455

Keberadaan program pendidikan Obor Berkat Indonesia (OBI) di Tanah Merah, Jakarta Utara, disambut begitu baik oleh masyarakat setempat karena di situ tidak ada sekolah formal. Pendidikan formal terdekat dari situ harus ditempuh dengan jarak yang jauh dan membutuhkan ongkos mahal—meski mereka berada di area Ibukota. Jadi, dengan hadirnya OBI Pendidikan di Tanah Merah, masyarakat merasa amat terbantu.

Kegiatan OBI Pendidikan di Tanah Merah beragam. Yang pasti, mereka mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) untuk kelas PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Paket A/setara SD, Paket B/setara SMP, dan Paket C/setara SMA.

Dalam program OBI Pendidikan ini, anak usia mulai 4 tahun sudah bisa bergabung. Khusus untuk Paket C/setara SMA, peserta bisa dari usia berapapun, tidak ada batasan.

Tak hanya pendidikan formal, peserta program OBI Pendidikan juga mendapatkan pelatihan life skill seperti membatik, menyablon, kursus komputer, dan kursus mekanik motor.

Apakah hanya belajar mengajar yang difokuskan OBI Pendidikan di Tanah Merah? Rupanya tidak. Ada sejumlah aktivitas di luar belajar mengajar yang bisa diikuti peserta, antara lain character building, cell group anak, dan pendampingan wirausaha untuk murid-murid dan orang tua murid.

Berjalan sejak 5 tahun yang lalu, sampai hari ini OBI Pendidikan telah meluluskan setidaknya 100 anak. Meski membuahkan hasil yang tak bisa dipandang sepele, OBI Pendidikan sebenarnya memiliki banyak kendala. Menurut Ester, manager OBI Pendidikan, ruangan Rumah Belajar OBI memiliki ukuran yang terbatas. Selain itu, hambatan datang dari sisi keuangan.

“Kendala kami itu dana. Kalau engga ada dana dari sponsor, otomatis kita itu (kesulitan, red.). Tapi pendidikan ‘kan harus tetap berjalan. Bagaimanapun juga anak mesti sekolah ‘kan. Jadi, ya kita apa adanya,” ujar Ester kepada Jawaban.com, Rabu (6/11). Sebagai badan non-profit, OBI Pendidikan memang bergantung dari sumbangan donator.

Selain itu, pola pikir masyarakat juga menjadi kendala. Pasalnya, banyak anak-anak di daerah Tanah Merah yang sudah bekerja dan mengerti soal uang. Sehingga kalau disuruh menuntut ilmu, mereka enggan.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap keadaan tersebut, Jawaban.com mengajak JCers untuk berbakti sosial di Rumah Belajar OBI dan Paket A OBI. Meskipun bakti sosial (baksos) ini bukan yang pertama kalinya, namun tetap ada sesuatu yang spesial. Selain menggelar acara edukatif bersama anak-anak di sana, rencananya JCers akan memberikan sumbangan berupa perlengkapan pendidikan kepada setiap anak di Rumah Belajar OBI dan Paket A OBI di Tanah Merah. Untuk info, pendaftaran peserta, dan donasi Anda bisa klik di sini.


BACA JUGA:

Bau Mulut Seperti Aroma Buah? Bisa Jadi Anda Terkena Diabetes!

Dapat Nomor Urut 666, Pelari ini Ogah Bertanding

Miley Cyrus dan Rihanna Dinilai Sudah Keterlaluan

Forgiving Our Parents, Forgiving Ourselves

Paus Francis & Ribuan Katolik Doakan Korban Topan di Filipina

Bermain Sesuai Aturan

Yuk Minum Obat Malam yang Menyembuhkan!

Sumber : Jawaban.com/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami