Ricuh di MK, Mendagri:Masak di Peradilan Masih Lempar-lempar Kursi?
Sumber: Tribunnews.com

Nasional / 15 November 2013

Kalangan Sendiri

Ricuh di MK, Mendagri:Masak di Peradilan Masih Lempar-lempar Kursi?

Lori Official Writer
3809

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengaku kanget atas kericuhan yang terjadi di ruang sidang Mahkamah Konstitusi (MK) di jalan Medan Merdeka Barat pada Kamis (14/11) siang. Ia mengaku baru saja meninggalkan gedung MK sebelum kejadian.

Ia mengaku kaget bila mana kericuhan dibarengi dengan lempar-lempar kursi yang dinilainya tidak etis terjadi di tempat peradilan yang seharusnya menjadi tempat pencarian solusi permasalahan.

“Masak di peradilan masih lempar-lempar kursi juga, peradilan itu kan justru menyelesaikan persoalan perbedaan-perbedaan. Peradilan itu tempat untuk menyelesaikan persoalan harusnya,” kata Gamawan, seperti dilansir Jpnn.com, Kamis (14/11).

Gamawan pun menekankan agar persoalan ini diproses secara hukum sebab dinilai sebagai tindakan yang tidak menghormati hukum. Atas peristiwa ini, Gamawan pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap taat hukum. “Jadi tidak peduli kalah atau menang, kita harus taat hukum,” ujarnya.

Adapun kericuhan ini terkait pada sidang sengketa Pilkada Maluku. Massa yang ditenggarai oleh pengunjung sidang dari pihak penggugat. Kericuhan itu menimbulkan kondisi ruangan porak poranda dan hancurnya sejumlah fasilitas seperti meja, kursi, televisi dan lainnya.

Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Arif Hidayat pun menandaskan bahwa peristiwa ini menjadi pembelajaran bagi peradilan dan pihak berperkara untuk menjaga martabat persidangan. Sebab tindakan ini melanggar prinsip demokrasi.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Organisasi HAM Tolak Hasil Pemilihan Dewan PBB

Tuhan Lupa Sama Planet Bumi

Sebut Hitler Spektakuler, Pejabat Argentina Didakwa

Inilah Sosok Pemenang Miss Universe 2013

Terima Kasih Mitra CBN, Saya Mendapatkan Pekerjaan Baru

Sumber : Jpnn.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami