Sejarah, Perempuan Pimpin Organisasi Dewan Gereja-Gereja se-Dunia
Sumber: www.oikoumene.org

Internasional / 10 November 2013

Kalangan Sendiri

Sejarah, Perempuan Pimpin Organisasi Dewan Gereja-Gereja se-Dunia

Budhi Marpaung Official Writer
5359

Setelah 65 tahun terbentuk, untuk kali pertama organisasi Dewan-Dewan Gereja se-Dunia dipimpin oleh seorang perempuan. Dr. Agnes Aboum dari Gereja Anglikan Kenya secara aklamasi dipilih oleh 150 anggota Komite sebagai Moderator Komite Pusat DGD pada Jumat (8/11) waktu setempat.

Untuk diketahui, moderator Komite Pusat adalah moderator DGD tertinggi yang mempunyai kewenangan mengatur organisasi DGD.

"Doa terbuka saya adalah bahwa kita akan maju bersama, di tahun-tahun berikutnya, meskipun keragaman kita memiliki potensi memecah belah kita," ujar Abuom setelah pemilihannya.

"... dan bahwa DGD akan terus tetap menjadi instrumen untuk menyediakan ruang yang aman bagi semua orang untuk bisa datang dan berbagi harapan, aspirasi dan visi, dan suara kenabian mereka."

Lebih lanjut, Aboum mengatakan bahwa suara kenabian sangat penting untuk "ekumenisme di abad 21 dan gereja di dunia saat ini."

Sebagai perempuan pertama moderator tubuh gereja-gereja di seluruh dunia, Aboum menyatakan bahwa ia akan menggunakan model konsensus kebijaksanaan dengan proses pengambilan keputusan yang bersifat feminis dalam menjalankan perannya di DGD. Selain itu, ia mengaku bakal berhati-hati mendengarkan dan berusaha memahami sudut pandang orang lain.

Sebelum mendapat kehormatan sebagai Moderator Komite Pusat, Abuom merupakan anggota Komite Eksekutif DGD, mewakili Gereja Anglikan Kenya. 

Di dalam organisasi modern, perempuan telah memiliki kesempatan yang sama untuk berperan di dalam tingkatan apapun. Hal positif ini kiranya terus mendorong kaum hawa mengembangkan diri dan memberi pengaruh yang baik kepada lembaga atau institusi dimana ia terlibat. 

 

Baca juga :

Din Syamsuddin Sampaikan Pesan Umat Islam di Sidang Dewan Gereja

Karena Tuhan yang Luar Biasa  

Ratusan Anak Belajar Firman Tuhan Lewat Superbook

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI

Sumber : pgi.or.id / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami