Gagalnya Perdamaian Israel Palestina Akan Timbulkan Kekacauan

Nasional / 8 November 2013

Kalangan Sendiri

Gagalnya Perdamaian Israel Palestina Akan Timbulkan Kekacauan

daniel.tanamal Official Writer
3027

Kekhawatiran mengenai dampak dari gagalnya kata sepakat dalam perdamaian antara Israel dan Palestina, disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, John Kerry. Kerry memperingatkan Israel bahwa jika hal itu terjadi akan memicu kekacauan.

Dikutip Channelnewsasia.com, Jumat (8/11), Kerry menyatakan hal itu saat wawancaranya dengan Channel 2 Broadcasting Corporation. “Ini berpotensi kekacauan. Maksudku, apakah Israel menginginkan intifadhah ketiga?" tanya Kerry.

Dirinya mengatakan bahwa proses diplomasi untuk melanjutkan pembicaraan damai antara Israel dan Palestina, mengalami kemajuan. "Kami membuat kemajuan yang signifikan dalam diskusi di beberapa bidang," tuturnya.

Seperti diketahui, pemberontakan rakyat Palestina pertamakali pecah pada 1987-1993, dan diikuti yang kedua pada akhir 2000 hingga 2005, dimana diperkirakan menewaskan sedikitnya 3000 warga Palestina dan dan 1000 warga sipil dan tentara Israel. Saat ini dialog antara kedua belah pihak terancam gagal setelah Israel mendirikan lebih dari 3.700 rumah pemukim baru di daerah kependudukan.


Sumber : Tribunnews
Halaman :
1

Ikuti Kami