Jokowi Canangkan Pasar Rakyat, Pedagang Tak Perlu Sewa
Sumber: kompas.com

Nasional / 8 November 2013

Kalangan Sendiri

Jokowi Canangkan Pasar Rakyat, Pedagang Tak Perlu Sewa

Puji Astuti Official Writer
3690

Kembali Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membuat gebrakan dengan mencanangkan pembangunan lima pasar rakyat yang lokasinya berada di Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Pembangunan pasar-pasar di Jakarta sebelumnya pedagang harus membayar. Ada yang sampai 300 juta. Mulai 2013 pola baru yaitu pasar dibangun dan diberikan ke pedagang secara gratis,” demikian ungkap pria yang akrab dipanggil Jokowi itu, Rabu (6/11) lalu.

Namun pedagang akan dikenai biaya pengelolaan atau retribusi, keamanan, kebersiahan, listrik dan air. Menurut Direktur PD Pasar Jaya, Djangga Lubis, tujuan pembangunan pasar rakyat ini adalah menyediakan sarana dan tempat berjualan bagi pedagang ekonomi lemah sekaligus penataan para pedagang kaki lima yang selama ini berjualan di sekitar pasar.

“Lima lokasi ini sebagai pilot project,” ujar Djangga.

Proyek pembangunan 5  pasar rakyat ini diperkirakan akan menelan biaya 50 miliar rupiah yang diperoleh dari tambahan kompensasi atas kerjasama optimalisasi pembangunan Pasar Bendungan Hilir dan Kavling 36A-Jakarta Pusat.

Lima pasar yang akan dibangun itu adalah : Pasar Manggis (Jakarta Selatan), Pasar Nangka Bungur (Jakarta Pusat), Pasar Kebon Bawang (Jakarta Utara), Pasar Duri (Jakarta Barat) dan Pasar Pesanggrahan (Jakarta Selatan).  Hingga kelima pasar itu jadi, para pedagang akan ditempatkan di tempat penampungan sementara (TPS).

Jika dalam satu dekade terakhir yang kita dengar kebanyakan pembangunan pusat perbelanjaan atau mall dan hotel-hotel mewah yang mengakomodasi masyarakat menengah ke atas, maka langkah Jokowi ini memberikan angin segar bagi masyarakat ekonomi lemah di wilayah Jakarta. Memberdayakan masyarakat kelas menengah ke bawah akan membantu perekonomian di negeri ini menjadi kuat, karena akan mengurangi pengangguran dan juga kemiskinan.

Baca juga artikel lainnya :

Buruh Kalahkan Jokowi di PTUN

SBY Bahas Macet di DKI, Ini Jawaban Jokowi dan Ahok

Mantan Hakim Agung Sebar Pesan Ada Pungli di Sekretariat Gubernur DKI

Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI)

Bisnis App, Kilau Keuntungan Dari Android Hingga iOS

Yuk Minum Obat Malam Yang Menyembuhkan

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami