Saat Demo, Terlihat Para Buruh Pegang Gadget Mewah
Sumber: kompas.com

Nasional / 8 November 2013

Kalangan Sendiri

Saat Demo, Terlihat Para Buruh Pegang Gadget Mewah

Lois Official Writer
4432

Para buruh menuntut upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta mencapai Rp 3,7 juta. Tuntutan yang dilayangkan kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ini dinyatakan agar dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Namun, saat melakukan aksi unjuk rasa di Balaikota Jakarta, Rabu (6/11) yang lalu misalnya, sejumlah buruh terlihat mengendarai motor-motor mewah dan juga menggenggam beberapa gadget yang bernilai mahal.

Tidak sedikit buruh yang terlihat memiliki Blackberry, handphone touchscreen, note tab, dan windows phone merek NL, sebagian besar gadget tersebut diperkirakan sekitar Rp 3 juta.

Selain menggunakan alat-alat tersebut untuk berfoto, para buruh juga merekam momen koordinator mereka di serikat saat berorasi. Dalam orasinya, Sekretaris Jenderal Muhammad Toha mengaku sangat kecewa dengan keputusan Gubernur Jokowi yang menetapkan UMP sebesar Rp 2,4 juta. Atas keputusan tersebut, menurut Toha, buruh akan terus menuntut dan melakukan aksi.

“Ini berarti memiskinkan rakyat miskin. Yang biasanya makan mi ayam seminggu sekali, sekarang jadi dua minggu sekali. Perekonomian masyarakat kecil jadi redup,” kata Toha. Tak berhenti sampai di situ, para buruh juga mengancam akan memblokade seluruh akses jalan di Jakarta.

Terkait aksi demo buruh yang menuntut UMP Rp 3,7 juta ini sedikit banyak mempengaruhi perekonomian. Pabrik-pabrik tidak beroperasi mengalami kerugian, ada beberapa perusahaan yang akan hengkang dari Jakarta atau malahan dari Indonesia karena tak sanggup membayar buruh, dan hal ini dipastikan ribuan buruh akan kehilangan pekerjaan mereka. Ada saatnya, kita harus melakukan hal yang benar, bukan apa yang kelihatannya baik.

 

Baca juga :

Anak Bermasalah? Orangtua yang Harus Instropeksi

Latihan Fisik yang Dapat Sembuhkan Osteoporosis

Cakupan dalam Berkarir Musik

Aksi Thor Saat Asgard Diancam Musuh

Belajar Dari Yakub, Seorang Penipu yang Menjadi Terberkati

Sumber : kompas.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami