Pemenang Nobel Nyatakan Tuhan Sebagai Inspirasi Perdamaian

Internasional / 8 November 2013

Kalangan Sendiri

Pemenang Nobel Nyatakan Tuhan Sebagai Inspirasi Perdamaian

daniel.tanamal Official Writer
4443

Pemenang Nobel Perdamaian asal Liberia, Leymah Gbowee turut berbicara didepan sidang raya ke-10 Dewan Gereja-gereja Dunia (World Council of Churches /WCC) di Busan, Korea Selatan. Gbowee memaparkan bahwa Tuhan bekerja nyata menjadi inspirasi bagi perdamaian di negaranya.

Gbowee, yang memimpin gerakan perempuan dan mendorong diakhirinya perang sipil di Liberia pada tahun 2003, menyebutkan bahwa inspirasi untuk bekerja bagi perdamaian sebagai "panggilan Allah." Inspirasi itu didapatkannya di sebuah gereja Lutheran di Liberia.

Kemarahan yang dialami dalam kehidupannya di tengah konflik bersenjata di Liberia, digunakannya sebagai kekuatan untuk mekerja membangun perdamian melalui perlawanan dengan cara non kekerasan.

Menurut Gbowee banyaknya anak-anak yang direkrut sebagai tentara saat konflik bersenjata itu mengancam nilai-nilai kehidupan masyarakat tradisional Afrika.

Namun Gbowee juga menantang gereja yang hanya menjadi pengamat di tengah kekerasan atau terkooptasi oleh pemerintah. Dia mengatakan bahwa tindakan gereja-gereja tersebut adalah sikap yang "putus asa."

 

 


Sumber : Satuharapan
Halaman :
1

Ikuti Kami