Pancasila, Civil Religion Yang Dapat Naungi Semua Agama

Internasional / 6 November 2013

Kalangan Sendiri

Pancasila, Civil Religion Yang Dapat Naungi Semua Agama

daniel.tanamal Official Writer
4558

Teolog Jerman dan mantan Sekretaris Jenderal Dewan Gereja-gereja Dunia, Konrad Raiser mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang dapat menjadi model dimana setiap agama dapat berdampingan untuk menyelesaikan suatu masalah.

“Saya pernah mengunjungi negara Anda dan bertemu alm. Presiden Abdurrahman Wahid maupun tokoh-tokoh dari gereja di Indonesia. Dan saya melihat, kerja sama yang sudah dibangun di Indonesia dalam mengembangkan civil society di mana alm. Presiden Wahid jadi salah satu tokoh utamanya, merupakan model yang sangat penting,” katanya seperti dirilis Satuharapan.com, Jumat (1/11).

Raiser melihat bahwa Indonesia mempunyai landasan negara yang begitu penting yaitu Pancasila yang dipercaya dapat menjadi pemersatu semua warga beragama dan berkeyakinan.

“Dan negara Anda memiliki Pancasila yang, bagi saya, seperti sebuah civil religion yang dapat menaungi semua agama dan kepercayaan. Itu sangat mengesankan bagi saya dan merupakan sumbangan penting yang dapat memberi kerangka bagaimana agama-agama, termasuk di dalamnya gereja, saling bekerja sama secara positif.”

 

 

 

Sumber : Satuharapan
Halaman :
1

Ikuti Kami