Pilihan Diet yang Tepat dan Aman Bagi Kesehatan

Pilihan Diet yang Tepat dan Aman Bagi Kesehatan

Lori Official Writer
6704

Secara khusus bagi pria/wanita yang hendak berhasrat menurunkan berat badan, seringnya akan mengambil langkah cepat dengan melakukan pengaturan pola makan atau diet seperti diet OCD, diet ketat hingga diet puasa makan.

Namun banyak orang yang tidak sadar bahwa menjalankan diet juga tidak bisa sembarangan. Pasalnya, bila salah memilih diet maka akan menimbulkan gangguan kesehatan. Dengan itu, ada baiknya bila Anda terlebih dahulu mengidentifikasi pola diet yang tepat bagi Anda.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter ahli nutrisi yang Anda percaya dan meminta saran tentang diet yang tepat. Salah satu fokus yang akan disarankan rata-rata dokter adalah tentang asupan nutrisi yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai ketika Anda melakukan diet, asupan nutrisi malah berkurang dan berdampak pada malnutrisi, pusing dan lemas.

Untuk memulai diet yang sehat bagi kesehatan, Anda perlu mengikuti sejumlah langkah yang dianjurkan oleh dr. Samuel Oetoro Sp.GK, seorang ahli gizi yang berpraktik di MRCCC Siloam Hospital.

1. Mengubah  cara pandang terhadap pola makan. Bila cara pandang dalam konsumsi makanan masih belum diubah, maka Anda akan tetap kembali lebih gemuk lagi. Artinya bahwa ketika pola makan dapat diatur dengan baik dan diseimbangkan dengan olahraga, tubuh akan mengalami perubahan dengan pembentukan otot yang baik.

2. Program diet wajib dipantau oleh dokter ahli nutrisi. Anda disarankan untuk melakukan kunjungan kepada dokter ahli nutrisi Anda sebelumnya untuk memastikan kesehatan dan perkembangan yang Anda alami.

3. Perbanyak buah dan sayuran agar volume makanan banyak dan perut tahan lapar. Menurut World Health Organization (WHO), terdapat sejumlah sumber nutrisi makanan yang dapat dikonsumsi oleh pelaku diet, yakni buah-buahan misalnya seperti pisang, apel, berry, yoghurt, sayur-sayuran dan kacang, makanan tanpa lemak yang bersumber dari ayam, ikan, telur dan tahu yang mengandung protein tinggi dan susu kedelai yang diminum cukup hanya pada malam hari.

4. Jalankan program diet rendah karbohidrat. Hal ini berlaku bila diet tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan selama kurun waktu tertentu.

5. Rutin berolahraga. Olahraga berfungsi untuk pembakaran kalori berlebih di dalam tubuh. Jadi disarankan untuk intens berolahraga selama minimal 30 menit setiap harinya.

6. Konsumsi obat yang aman untuk diet. Hal ini merupakan solusi paling akhir bila program diet yang sebelumnya tidak berhasil dilakukan.

Memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah impian semua orang. Namun untuk mendapatkannya tidak perlu harus melakukan diet ketat yang mengancam kesehatan.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Kenali Tanda Osteoporosis Sejak Sekarang

Cara Alami Cegah Osteoporosis Dengan Kalsium dan Vitamin D

Masa Tua Tanpa Osteoporosis, Terapkan Pola Hidup Ini!

Kecanduan Gadget Dapat Turunkan Konsentrasi Kerja

Mujizat Terbesar Yang Pernah Ada

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami