Diet Dengan Puasa, Sehatkah dan Nutrisi Tubuh Terpenuhi?
Sumber: carpatys.com

Gizi & Nutrisi / 5 November 2013

Kalangan Sendiri

Diet Dengan Puasa, Sehatkah dan Nutrisi Tubuh Terpenuhi?

Puji Astuti Official Writer
6279

Baru-baru ini Indonesia dibuat heboh oleh gebrakan seorang selebritis dengan pola diet yang ia klaim berasal dari riset dan merupakan rahasia dari para pendeta Sholin. Sebenarnya pola diet ini bukanlah sesuatu yang baru di dunia, dan pola diet ini dikenal sebagai IF (Intermittent Fasting) atau puasa selang-seling.

Konsep IF atau diet dengan puasa selang-seling ini adalah : anda bisa makan dengan jumlah normal namun dalam jangka waktu yang pendek. Bisa dikatakan ini bukan diet, namun mengurangi jendela makan Anda setiap harinya.

Namun ada yang harus diperhatikan, dengan panduan yang ada pada kebanyakan metode diet dengan puasa ini, seseorang hanya akan mengkonsumsi makanan 500-600 kalori per hari. Sekalipun efektif untuk menurunkan berat badan dalam waktu cepat, hal ini tidak baik untuk tubuh dalam jangka waktu panjang.

Dalam website Mayoclinic.com, Donald Hensrud, M.D. menyarankan bahwa diet yang sehat adalah dengan menurunkan berat badan 1-2 pon seminggunya (1 pound = 0.45 kg). Dalam 1 pon lemak mengandung 3.500 kalori, jadi untuk menurunkan 1 pound Anda hanya perlu mengurangi konsumsi 500 kalori per harinya.

Selain itu jika Anda menurunkan berat badan terlalu cepat, bukan lemak yang Anda bakar, tetapi juga kandungan air dalam tubuh atau bahkan merusak jaringan otot. Karenanya, jika Anda ingin melakukan diet yang cukup masif maka diperlukan pendampingan oleh dokter.

Memiliki tubuh yang sehat, tidak selalu tentang diet yang ketat atau olahraga yang berat, namunjuga bagaimana memilih makanan yang tepat di waktu yang tepat. Hal ini dikarenakan tubuh memiliki kebutuhan metabolisme yang berbeda sepanjang hari. Untuk itu pastikan Anda meminta petunjuk dokter sebelum memutuskan untuk melakukan diet tertentu.

Baca juga artikel lainnya :

Belajar Dari Puasa Ester

Resep Minuman Berbuka Puasa: Es Campur Kacang Merah Rumput Laut

Berbagai Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI)

RATUSAN ANAK BELAJAR FIRMAN TUHAN LEWAT SUPERBOOK!

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami