Masa Tua Tanpa Osteoporosis, Terapkan Pola Hidup  Ini!
Sumber: Algaecal.com

Info Sehat / 3 November 2013

Kalangan Sendiri

Masa Tua Tanpa Osteoporosis, Terapkan Pola Hidup Ini!

Lori Official Writer
4809

Osteoporosis atau keropos tulang semacam penyakit umum yang diderita oleh orang tua di atas 50 tahun. Namun bila disadari, osteoporosis dapat dihindari dengan mengatur pola hidup dan makan yang baik lewat pemenuhan asupan gizi bagi tulang.

Penyakit keropos tulang ini dapat Anda cegah sejak usia muda. Caranya gampang saja, Anda hanya perlu meningkatkan olah raga sembari menyeimbangan nutrisi makanan yang Anda konsumsi dengan kandungan kalsium tinggi dan vitamin D. Salah satu sumber kalsium yang berfungsi memperkuat tulang adalah susu. Berikut sejumlah hal yang perlu Anda penuhi adalah:

Asupan Kalsium yang cukup

Susu sebagai sumber kalsium yang tinggi sangat dianjurkan guna meningkatkan kepadatan tulang. Sehingga sangat dianjurkan minum susu minimam dua gelas per harinya. Dosis normal kalsium yangdibutuhkan dalam tubuh di usia produktif adalah 1000 mg per hari, sementara di usia lansia dianjurkan 1200 mg per hari.

Vitamin D

Untuk mendapatkan Vitamin D secara alamiah, hanya perlu berjemur sembari olah raga. Disarankan untuk berjemur pada pagi hari pukul 09.00 atau sore hari pukul 16.00 WIB. Untuk lebih maksimal, maka berjemurlah selama 10 -15 menit saja setiap harinya. Seain itu, Anda juga dapat memperoleh asupan Vitamin Ddari beragam makanan seperti minyak ikan dari salmon, sarden, mackerel dan tuna segar.

Olah raga berat atau ringan secara disiplin

Olah raga yang disarankan untuk memperkuat tulang adalah senam aerobik, joging, jalan kaki, lari atau berdansa. Manfaatnya cukup besar dalam meningkatkan kepadatan dan massa tulang. Ada baiknya pula bila dilakukan secara teratur.

Makanan sehat

Salah satu faktor penyebab osteoporosis adalah pola makan yang tidak sehat. Bila hendak sehat di usia tua kelak, Anda harus berjuang untuk mampu mengontrol lidah. Kerap kali makanan yang taerasa enak di idah sebenarnya malah sangat berbahaya bagi kesehatan. Dengan itu, hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

Bila Anda merasa penting untuk menambah asupan suplemen tambahan, maka berkonsultasilah dengan dokter terpercaya Anda. Jaga tulang Anda sejak saat ini, sebab Anda akan menuai hasilnya di usia tua Anda kelak.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Tiga Cara Medis Untuk Cegah Osteoporosis

Osteoporosis Rentan Diderita Kaum Hawa

Wah, Ilmuwan Ciptakan Darah Buatan

Rayakan Depawali, Jokowi Liburkan Warga Keturunan India

Kenali Tanda Osteoporosis Sejak Sekarang


Sumber : Bidanku.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami