Jangan Biarkan Anak Umur 2 Tahun Menonton TV!

Nasional / 2 November 2013

Kalangan Sendiri

Jangan Biarkan Anak Umur 2 Tahun Menonton TV!

Yenny Kartika Official Writer
3870

Di Amerika Serikat, anak-anak usia 8 hingga 18 rata-rata menghabiskan tujuh jam per harinya untuk mengakses TV, video game, ponsel pintar (smartphone) atau tablet. Bahkan bayi-bayi di bawah 2 tahun juga dapat dengan mudahnya mengakses smartphone atau tablet.

Padahal, riset menunjukkan, dengan terlalu banyak memandangi layar TV atau gadget anak dapat menanamkan unsur seksual, bullying (intimidasi), mengakibatkan obesitas pada anak, menurunnya prestasi di sekolah, dan timbulnya gangguan tidur.

Terkait hal itu, American Academy of Pediatrics (AAP) membuat aturan baru yang lebih ketat mengenai berapa lama waktu yang anak sebaiknya habiskan untuk menonton.

Peraturan baru itu antara lain: anak di bawah 2 tahun tidak boleh menonton TV atau gadget, tidak boleh ada perangkat teknologi di kamar anak, dan orang tua harus mendampingi anak yang menonton supaya mereka dapat berdiskusi.

“Kalau Anda mendampingi anak-anak saat menonton, maka mereka akan menyerap pesan yang Anda sampaikan daripada apa yang mereka dapat dari tontonan,” kata Dr. Victor Strasburger dari AAP.

Di era digital super canggih seperti sekarang, orang tua tanpa sadar sedang berlomba-lomba dengan media. Jika orang tua gaptek (gagap teknologi) sedikit atau cuek sedikit, media-lah yang akan menjadi pengajar dan pembimbing anak. Kalau tayangan media bagus dan bermutu tentu tidak jadi masalah, tapi bagaimana kalau isinya adalah kekerasan, eksploitasi seksual, dan nilai-nilai duniawi?

Karenanya, sungguh melegakan jika kita melihat tayangan Superbook di MNC TV setiap Sabtu pukul 06.30 WIB. Sebagai film kartun 3D, Superbook bukan hanya digarap serius, tapi juga disarikan dari Alkitab.

Jika Anda tergerak untuk melihat anak-anak ditransformasi melalui Superbook, bergabunglah mendukung pelayanan CBN. Caranya adalah dengan menjadi Mitra CBN. Silakan klik di sini untuk keterangan selengkapnya.

 

BACA JUGA:

Yuk, Sama-sama Nyanyikan 'Puisi Maha Karya' dalam Berbagai Bahasa!

Superbook, Buat Anak Makin Kenal dengan Tokoh-tokoh Alkitab

True Story of Mangiring Napitupulu, a Man Who Trusted Shaman More Than God

Jurus Menggaet Untung dari Bisnis Pernak-pernik K-Pop

Pernah Alami Kekerasan Orangtua, Artis Ini Justru Makin Peduli Sesama

Vitamin D Rupanya Tak Mempan Bagi Osteoporosis

Firman Tuhan Menggema di Media

Sumber : CBN News/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami