Gubernur Soekarwo Janji Tetapkan UMK 21 November 2013
Sumber: jawaban.com

Nasional / 31 October 2013

Kalangan Sendiri

Gubernur Soekarwo Janji Tetapkan UMK 21 November 2013

Budhi Marpaung Official Writer
3351

Dalam dialog dengan 15 perwakilan buruh, Kamis (31/10), Gubernur Jawa Timur Soekarwo berjanji akan segera menetapkan perihal Upah Minimum Kota pada 21 November 2013 mendatang.  

“Masalah UMK akan ada survei dulu, sesuai dengan tiga hal tadi (peningkatan kualitas listrik, perumahan dan transportasi). Nanti, 21 November, 21 November akan ditetapkan," ujar Karwo di hadapan para buruh.

Selain UMK, Soekarwo juga menyampaikan tiga hal lain yang menjadi pembahasannya dengan para perwakilan buruh yakni perihal pencabutan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2013 tentang upah murah, penghapusan sistem outsourcing, dan masalah jaminan sosial.

"Untuk yang kedua, Inpres belum bisa kita jalankan karena keterbatasan waktu. Namun, Pemprov Jatim akan melaksanakan upah layak, KHL (komponen hidup layak) sama dengan UMK. Atas rumusan ini, karena pemerintah belum memutuskan revisi 60 item KHL, maka akan dilakukan peningkatan. Perlu dibentuk keputusan gubernur. Tadi saya dibisiki, akan dibuatkan Pergub, akan ada peningkatan kualitas di bidang listrik, perumahan dan transportasi," ucap Karwo.

Terkait masalah outsourcing, Karwo menyatakan pemprov sudah membuatkan Perda soal penghapusan sistem outsourcing. "Untuk masalah jaminan sosial buruh, sudah ditanggung perusahaan dengan ikut Jamsostek. Dan empat hal ini sudah sesuai dengan permintaan buruh. Loh mana tepuk tangannya," tutur Karwo yang kemudian dituruti para buruh.

Selesai membaca kesepakatan dengan 15 perwakilan buruh, Gubernur Soekarwo pun meminta para pendemo untuk pulang ke tempat mereka masing-masing. Tanpa banyak komentar, mereka pun membubarkan diri dengan tertib.

Jangan cepat berasumsi bahwa janji yang pemerintah katakan pasti akhirnya diingkari. Selama waktu itu belum sampai atau lewat, tetaplah berpikir positif dan memberi ruang untuk mereka membuktikan ucapan yang mereka keluarkan.   


Baca juga :

Massa Buruh Hampir Bakar Mobil Berisi Ibu dan Anak

Tiga Cara Medis Untuk Cegah Osteoporosis

Hidupku AnugerahMu, Album Perdana Kezhia Sirait yang Layak Didengar

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI

Berkat yang Indah

Above All, Album Gospel yang Dikemas Menarik Oleh Oslo Gospel Choir

Sumber : merdeka.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami