Kardinal Katolik Roma Ingatkan Gereja Soal Intoleransi
Sumber: Telegraph.co.uk

Internasional / 30 October 2013

Kalangan Sendiri

Kardinal Katolik Roma Ingatkan Gereja Soal Intoleransi

Lori Official Writer
3642

Kardinal Cormac Murphy-O’Connor, mantan Uskup Agung Westminster dan pemimpin Gereja Katolik Roma Inggris dan Wales menghimbau gereja untuk  tetap waspada  terhadap ancaman intoleran oleh kalangan publik terhadap gereja.

Menurutnya, gereja harus jeli dalam menyikapi pelaksanaan undang-undang 'toleransi dan kebebasan' serta dampaknya bagi gereja. Gereja harus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, meskipun seringnya sejumlah kalangan melakukan privatisasi terhadap gereja.

“Saya tidak berpikir orang Kristen diberlakukan buruk di Inggris. Tapi banyak sektor yang hendak memprivatisasikan agama dan menjualnya,” ujarnya saat memberi sambutan di Festival Sastra Gibraltar bertajuk “Popes I Have Known”.

Murphy menegaskan agar gereja ambil bagian dalam aktifitas publik yang berkaitan dengan gereja dan peranan gereja terhadap bangsa dan negara. Meskipun tantangannya, sejumlah kelompok menolak campur tangan gereja. “Saya berpikir agar pemerintah dapat berhati-hati dalam mengatur undang-undang sehingga “kebebasan dan toleransi” tidak berubah menjadi intoleransi,” lanjutnya.

Ia menyampaikan keprihatinanannya atas diskriminasi atau intoleransi di sejumlah gereja di berbagai daerah. Ia bahkan memuji teladan dari Paus Fransiskus lantaran menghidupi misinya untuk membawa perubahan di tengah-tengah gereja bahkan dunia. Demikian seperti apa yang telah dimandatkan Tuhan atas gereja untuk menjadi tubuh Kristus yang berperan besar menjadi ‘garam dan terang’ ditengah-tengah bangsa.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Romo Maryo Meninggal Dunia Saat Ikuti Lomba Jakarta Marathon 2013

Mantan Kriminal Amerika Raih Penghargaan Mother Teresa

Steven Furtick Minta Maaf Atas Kontroversi Rumah Barunya

Buktikan Sendiri Ayat 'Berilah Maka Kamu Akan Diberi'

Pendeta Wanita Baptis Ini Menikah dengan Uskup Wanita

Sumber : Telegraph.co.uk|Jawaban.com|Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami