Tiga Cara Medis Untuk Cegah Osteoporosis

Tiga Cara Medis Untuk Cegah Osteoporosis

Budhi Marpaung Official Writer
4555

Hasil analisis data risiko Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi Kementerian Kesehatan terkini menunjukkan, dua dari lima orang Indonesia berisiko mengalami osteoporosis. Gangguan ini lebih banyak diderita perempuan, jumlah kasusnya pun tiga kali lipat daripada laki-laki.

Menurut dr Siti Annisa Nuhonni SpKFR dari Departemen Rehabilitasi Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – RS Cipto Mangunkusumo, secara media ada tiga bentuk pencegahan penyakit yang menyerang tulang ini :

1. Pencegahan primer. Pencegahan ini adalah ketika kita masih sehat, artinya belum terkena osteoporosis.

"Oleh karena itu sejak usia dini, masa kanak-kanak, remaja dan dewasa muda sudah mulai membentuk kepadatan tulang dan menjaga pola makan, aktivitas fisik serta hindari kebiasaan merokok juga alkohol," ucapnya.

2. Pencegahan sekunder. Hal ini dilakukan pada wanita yang telah terkena osteoporosis. Ia menjelaskan, cara pencegahannya bisa dengan mengonsumsi kalsium dan vitamin D.

"Selain itu bisa juga dengan senam osteoporosis, good posture, good support, dan hindari risiko jatuh yang dapat mengakibatkan patah tulang," ungkapnya.

3. Pencegahan tersier. Pencegahan yang dilakukan pasca pasien mengalami patah tulang. Beberapa aktivitas terkait pencegahan tersier adalah : latihan fisik, korset, fisioterapi dan aktifitas mandiri.

Jadi, sebenarnya bukan hanya pada saat belum terkena saja kita mencegah osteoporosis. Setelah terkena osteoporosis atau bahkan patah tulang, kita pun tetap harus melakukan tindakan preventif agar sakit yang diderita tidak semakin parah atau bahkan tidak kambuh lagi di masa-masa mendatang.


Baca juga : 

Cara Alami Cegah Osteoporosis Dengan Kalsium dan Vitamin D

Hidupku AnugerahMu, Album Perdana Kezhia Sirait yang Layak Didengar

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI

Berkat yang Indah

Sumber : okezone.com, metrotvnews.com / bm

Ikuti Kami