Terungkap, Obama Mata-matai 35 Pemimpin Dunia termasuk Sekutunya
Sumber: Merdeka.com

Nasional / 27 October 2013

Kalangan Sendiri

Terungkap, Obama Mata-matai 35 Pemimpin Dunia termasuk Sekutunya

Yenny Kartika Official Writer
5498

Para pemimpin Eropa tengah membentuk barikade di belakang Jerman setelah muncul kabar bahwa pejabat Gedung Putih, Pentagon, dan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat memata-matai percakapan telepon dari 35 pemimpin dunia.

Kabar tersebut dimuat dalam surat kabar The Guardian.

Kanselir Jerman Angela Merkel telah menghubungi Presiden AS Barack Obama via telepon, dan menyampaikan bahwa “memata-matai teman tidaklah dapat diterima sedikitpun”.

“Kita perlu memiliki kepercayaan terhadap sekutu dan rekan kita, dan kepercayaan ini harus dibangun kembali sekarang,” kata Merkel di pertemuan 28 pemimpin Uni Eropa (UE) di Brussels, Belgia, Kamis (24/10).

Perbincangan tersebut terjadi pada Rabu (23/10) setelah muncul dugaan bahwa Badan Keamanan Nasional AS (NSA) telah mengamati panggilan telepon Merkel. Obama berkilah bahwa AS tidak sedang mengamat-amatinya dan tidak akan mengamati komunikasinya. Pihak Jerman menganggap keterangan itu kurang sesuai karena AS tidak menjelaskan apakah komunikasi Kanselir di masa lalu juga sempat dimata-matai.

AS mendapat kritikan dalam pertemuan pemimpin UE, antara lain dari pemimpin Belgia, Belanda, Swedia, Austria, dan Finlandia. Sementara negara Amerika Latin seperti Meksiko dan Brazil sedang menyelidiki apakah NSA mematai-matai petinggi mereka.

“Kami tentu saja setuju untuk bekerjasama memberantas terorisme. Ini hal mendasar. Tapi ini tidak menjadi pembenaran untuk menyimak data pribadi berjuta-juta rekan kita,” ujar Laurent Fabius, Menteri Luar Negeri Prancis.

Ulah NSA memata-matai sekutu AS menggemparkan dunia, setelah pertama kali dibocorkan oleh Edward Snowden, mantan kontraktor NSA. Baru-baru ini dia membuat pernyataan bahwa tidak satupun komunikasi di dataran AS yang tidak dicatat oleh NSA. Atas tindakan beraninya tersebut, sejumlah pihak mengganggap Snowden sebagai pahlawan.


BACA JUGA:

Obama Dituding Langgar Janji tentang Transparansi

Shut Down America

Nama Yesus di Batu Nisan Dianggap Timbulkan Masalah

Pria 33 Tahun Operasi Wajah agar Mirip Justin Bieber

Inilah Sejarah Kelam Genosida Papua Barat 1970 yang Baru Terungkap

Kiat Jitu Berbisnis Baju Bayi

Mengapa Allah Mengorbankan Anak-Nya demi Dosa Manusia?

Jadi Berkat Lewat Hobi Jalan Kaki

Sumber : VOA News | The Guardian | Chosun English | VentureBeat
Halaman :
1

Ikuti Kami