Boikot Hasil Pilkada Mimika, Pastor : Marilah Kita Bersatu
Sumber: antaranews.com

Internasional / 21 October 2013

Kalangan Sendiri

Boikot Hasil Pilkada Mimika, Pastor : Marilah Kita Bersatu

Lois Official Writer
4618

Menurut pastor paroki Katedral Tiga Raja Timika, Papua yang mewakili Gereja Katolik setempat mereka harus melakukan sesuatu untuk memboikot hasil Pilkada 10 Oktober 2013 yang lalu karena penuh sandiwara dan bobrok. Karena itu, mereka mengajak umat dan tokoh dari agama lain untuk turut serta.

“Kalau memang agamamu dan agamaku mengajarkan nilai kebenaran, nilai keadilan, dan nilai kejujuran maka marilah kita bersatu melakukan aksi nyata,” kata Pastor Amandus. Ajakannya melalui mimbar gereja ini juga berarti aksi nyata untuk bertindak sebagai orang beriman tanpa kekerasan serta berbuat sesuatu sebagai tanda tidak setuju dengan tidak melakukan tindakan anarkis.

Kalau saja pemimpin yang terpilih itu benar-benar hasil pemilihan demokratis, tanpa rekayasa, kata Amandus, hal itu tidak akan dipersolkan. “Sebuah kemenangan yang dicapai dengan cara menginjak-injak harkat dan martabat umat manusia tidak bisa diterima oleh orang yang mempunyai akal sehat, apalagi orang beriman. Sekali lagi jangan diam, bergeraklah untuk menjunjung tinggi nilai-nilai universal yang dimiliki semua umat beragama,” katanya lagi.

Selain direkaya, ada pula tindakan bagi-bagi uang pulsa, serangan fajar berupa tindakan bagi-bagi uang ojek ke TPS, pemaksaan halus maupun kasar kepada aparat birokrasi, kepala distrik, kepala kampung, lurah, Ketua RT/RW serta perangkat penyelenggara Pilkada dengan menjanjikan uang atau jabatan. Ada pula penggandaan kotak suara, penambahan TPS, serta pergantian alamat TPS secara tiba-tiba sesaat sebelum pemungutan suara serta menggiring anak-anak di bawah umur untuk mencoblos.

Hingga saat ini, KPU setempat blum menggelar rapat pleno penetapan hasil perolehan suara Pilkada Mimika. Dari 11 pasangan Cabup-Cawabup Mimika, 9 kandidat sudah menyatakan menolak hasil Pilkada tersebut dan meminta digelar ulang atas kemenangan pasangan Abdul Muis-Hans Magal serta pasangan Eltinus Omaleng-Yohanis Bassang. Ciptakan suasana bersih dan demokratis seharusnya terus ada, apalagi jika yang dilakukan adalah pemilihan untuk orang-orang yang memegang tampuk pimpinan.

 

Baca juga :

Mengenal Alkohol dalam Produk Kecantikan

Bagaimana Memperoleh Masa Depan Gemilang?

3 Cara Ubah Hobi Jadi Pemersatu Suami Istri

Film Review : Ketika Pengedar Obat Terlarang Jatuh Cinta Pada Gadis Gereja

Cara Mengatasi Hobi Balita yang Berbahaya

Tubuh yang Tidak Fit Akibat Kolesterol, Ini Tandanya

Pertolongan dari Seorang Sahabat

Sumber : antaranews.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami