Masyarakat Bisa Lapor dan Naik Pangkat Karena Situs Ini

Nasional / 19 October 2013

Kalangan Sendiri

Masyarakat Bisa Lapor dan Naik Pangkat Karena Situs Ini

Lois Official Writer
2918

Pemerintah DKI Jakarta bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Metro Jaya membuat situs jejaring sosial dimana warga bisa melaporkan pelanggaran lalu lintas yang dilihatnya. “Jadi, nanti kalau masyarakat lihat ada pelanggar, misal motor naik trotoar, bisa difoto untuk dikirim ke situ situ,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuk Tjahaja Purnama alias Ahok, Jumat (18/10).

Ahok menjelaskan, nantinya ada penghargaan abgi masyarakat yang mengunggah foto tersebut. Penghargaan berupa poin yang bisa ditukar hadiah. “Reward yang diberikan bisa berupa voucher belanja atau barang menarik lainnya.” Tidk hanya itu, mereka yang berjasa bisa mendapat pangkat seperti brigadier, inspektur, atau jendral. Jenjang pangkat ini menandakan seberapa aktif masyarakat memberi laporan dalam situs yang rencananya diluncurkan tahun depan tersebut.

Laporan yang masuk ke situs itu bakal diproses polisi. Untuk pengendara motor yang naik di trotoar misalnya, bakal dilacak polisi untuk ditilang. Hal ini tentu memberikan efek jera ke pelanggar, kata Ahok. Penertiban lalu lintas dengan cara ini diharapkan menarik peran aktif masyarakat. “Karena mottonya do and do not, laporkan tapi jangan dilakukan.” jelas Ahok lagi.

Ciptakan ketertiban berlalu lintas mulai dari diri kita sendiri dan aktif berperan serta untuk melaporkan setiap pelanggaran sehingga kita saling menjaga budaya tertib tersebut.

 

Baca juga :

Kita Anak Terang, Jangan Dirusak dengan Hal-Hal Ini

Mengenal Alkohol dalam Produk Kecantikan

Bagaimana Memperoleh Masa Depan Gemilang?

3 Cara Ubah Hobi Jadi Pemersatu Suami Istri

Film Review : Ketika Pengedar Obat Terlarang Jatuh Cinta Pada Gadis Gereja

Cara Mengatasi Hobi Balita yang Berbahaya

Tubuh yang Tidak Fit Akibat Kolesterol, Ini Tandanya

Pertolongan dari Seorang Sahabat

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami