Jenis Makanan untuk Tingkatkan Kadar Kolesterol HDL

Serba-Serbi Sehat / 19 October 2013

Kalangan Sendiri

Jenis Makanan untuk Tingkatkan Kadar Kolesterol HDL

eva Official Writer
5881

Kolesterol dikenal sebagai pangkal dari banyak penyakit. Tingkat kolesterol yang tinggi mampu menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah dan serangan jantung. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol sehat dengan menyeimbangkan diet kolesterol dan lemak jenuh dalam makanan. Caranya? Mulai dengan hidup sehat dan menjaga pola makanan sehat.

Memulai dengan hidup sehat dapat dilakukan dengan menjaga kebugaran tubuh melalui olahraga secara teratur. Sedangkan untuk menjaga pola makanan sehat dapat dilakukan dengan menu diet rendah kolesterol. Ada beberapa menu diet yang bisa Anda praktikkan dan kombinasikan, seperti:

1. Buah dan Sayur

Peran buah dan sayuran segar dalam menurunkan kadar kolesterol memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Terutama buah apel. Para ilmuwan menemukan bahwa buah apel bisa menurunkan kadar lemak dalam darah secara signifikan pada wanita yang mengalami menopause, kelompok yang berisiko paling tinggi terkena serangan jantung dan stroke. Selain itu, mengkonsumsi buah ini setiap hari selama enam bulan bisa menurunkan kolesterol hingga 25 persen.

2. Daging tanpa Lemak

Sebelum Anda mengkonsumsi daging, akan jauh lebih baik bila Anda menyingkirkan lemaknya. Selain mengurangi asupan lemak yang dapat membuat Anda gemuk, hal tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahatAda 5 jenis daging yang dikenal memiliki kandungan rendah lemak. Seperti dada ayam, kalkun putih tanpa kulit, punggung kambing, bahu kambing, dan kaki kambing.

3. Padi dan Kacang

Padi dan kacang mengandung nabati protein yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat. Anda bisa mendapatkannya dalam buncis, gandum, kedelai, kacang almond, beras merah, dan kentang. Jenis makanan ini tergolong memiliki kadar serat yang tinggi sehingga dapat mencegah konstipasi dan mengontrol gula darah.

4. Produk Susu

Selain 3 jenis sumber makanan di atas, Anda bisa mengkonsumsi produk susu bebas lemak. Misalnya susu kedelai atau produk olahan kedelai lainnya seperti tahu dan tempe. Jenis makanan ini mengandung niasin atau vit. B3 yang terbukti dapat meningkatkan kolesterol HDL. Selain itu produk kedelai dipercaya mengandung serat larut dan isoflavon. Isoflavon bertindak sebagai hormone pertumbuhan dan secara alami meningkatkan HDL serta menurunkan kolesterol LDL.

 

 

Sumber : berbagai sumber/Eva
Halaman :
1

Ikuti Kami