Mandela: Long Walk to Freedom, Kisah Pejuang Anti-Apartheid Afrika Selatan
Sumber: Radiotimes.com

Film Review / 18 October 2013

Kalangan Sendiri

Mandela: Long Walk to Freedom, Kisah Pejuang Anti-Apartheid Afrika Selatan

Lori Official Writer
8953

Film perjuangan icon anti-apartheid Afrika Selatan Nelson Mandela ini rencananya akan segera ditayangkan perdana di bioskop Prancis pada 18 Desember mendatang. Kehadirannya disambut baik sejak pemutarannya di Film Festival di Toronto pada 10 September 2013 lalu.

Adapun Idris Elba, aktor kulit hitam asal Inggris terpilih memerankan Mandela dan Naomie Harris  sebagai Winnie Mandela, istri kedua dari Mandela. Mandela: Long Walk to Freedom ini secara langsung diadopsi dari buku otobiografi Mandela, digarap oleh sutradara Justin Chadwick dan produser Ananth Singh asal India.

Film ini mengisahkan perjalanan panjang Mandela yang dikenal luas di dunia internasional sebagai tahanan yang selama 27 tahun mendekap dipenjara karena aktif dalam pergerakan pembebasan nasional di Afrika Selatan. Saat penayangannya di Toronto, film ini mendapat sambutan baik dari para penonton atas penampilan Elba yang tepat memerankan sosok kharismatik tokoh pejuang dan mantan presiden pertama Afrika Selatan ini.

Selain menampilkan perjalanan Mandela, Chadpick juga berupaya menggambarkan sisi lain kelemahan Mandela, dimana ia merasa gagal dalam perkawinannya yang pertama serta hubungannya dengan anak-anaknya. Begitupun ketika  ia membina rumah tangga dengan Winnie Mandela, yang mendampingi dalam masa-masa sulit yang dijalaninya.  

Pada tahun 1994, setelah kebebasannya, Mandela menjadi presiden pertama Afrika Selatan yang terpilih secara demokratis. Perjuangannya pun berbuah manis, ketika diskriminasi terhadap ras kulit hitam dihapuskan. Atas perjuangan tersebut, Mandela dianugerahi penghargaan Perdamaian atau Nobel Peace Prize yang pekan lalu baru diterimanya.  

Sosok Mandela mengajarkan tentang perjuangan yang tanpa henti untuk menghapuskan diskriminasi sekalipun resiko yang ditanggungnya besar. Ia vokal dan tak pernah takut menyuarakan yang benar, sekalipun harus berhadapan dengan penguasa dan masuk sel tahanan. Hal ini mengingatkan pentingnya rasa kepedulian dan beban dalam mengubahkan tindakan atau pemahaman yang dalam prakteknya tidak benar.

Pasti penasaran bukan dengan film ini, nantikan kehadirannya di bioskop Indonesia!

 

Mandela: Long Walk to Freedom

Sutradara: Justin Chadwick

Produser: Anant Singh

Genre: Biografi, Drama

Penulis Naskah: William Nicholson

Pemain: Idris Elba, Naomie Harris, Mark Elderkin, Carl Beukes, Tonny Kgoroge

Studio: The Weins tein Company

Tanggal Rilis Perdana: 18 Desember 2013 (Prancis)

Rating: Bimbingan Orang Tua


<iframe width="560" height="315" src="//www.youtube.com/embed/hmm-aazQQKA" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>


Baca Juga Artikel Lainnya:

Ketika Pengedar Obat Terlarang Jatuh Cinta Pada Gadis Gereja

The Hunger Games:Catching Fire, Ketika Keberhasilan Menyulut Api Permusuhan

'Default' Amerika Terhindarkan, Pemerintah AS Mulai Beroperasi

Eleanor Catton, Penulis Termuda Raih Penghargaan Literatur

Ingin Seperti Apa Anda Dikenang Nanti?

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami