Peluang Besar Dalam Usaha Peternakan dan Pertanian
Sumber: Google

Investment / 16 October 2013

Kalangan Sendiri

Peluang Besar Dalam Usaha Peternakan dan Pertanian

Puji Astuti Official Writer
29149

Jika jaman orde baru dulu kita sering mendengar dan juga menonton televisi tentang Indonesia sebagai lumbung padi dan mampu swasembada beras, kini sudah tidak lagi. Yang sering kita lihat di layar kaca malah sebaliknya, hampir semua produk pangan kita impor dari negara lain. Mulai dari beras, gandum, kedelai, daging sapi, buah-buahan, bahkan garam, kita beli dari negara lain.

Jika melihat fakta ini sungguh miris memang, ketahanan pangan negara Indonesia yang dulu dikenal sebagai negara agraris sekarang menjadi sangat rentan. Namun, mari berhenti menyalahkan pemerintah yang sering dianggap tidak mampu mengurus negara ini. Sebaliknya, mari menjadi pribadi yang positif, melihat masalah sebagai peluang.

Ya, dengan kondisi yang ada saat ini, maka peternakan dan pertanian menjadi sebuah usaha yang strategis dan menjanjikan keuntungan. Selain itu, jika Anda berinvestasi di usaha jenis ini, Anda juga berkontribusi bagi ketahanan pangan Indonesia.

Salah persepsi

Banyak orang tidak melirik usaha peternakan dan pertanian karena di negeri ini para petani jarang yang makmur atau dikenal sebagai pengusaha nasional. Sebab itu, masyarakat berpikir bahwa pengusaha adalah orang yang punya pabrik dan kantor.

Cara pandang ini bukan berarti salah, namun memang faktanya bahwa banyak pola pertanian dan peternakan di negeri ini masih dilakukan dengan cara tradisional. Hal ini membuat para petani tidak bisa berkembang dengan maksimal. Namun mari menengok ke negara-negara lain yang pola pertaniannya sudah moderen, mereka yang menjadi petani dan peternak pun bisa kaya raya.

Apa yang harus dilakukan?

Mungkin tidak banyak dari kita yang benar-benar menguasai tentang peternakan dan pertanian. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan :

1. Riset

Saat ini sudah banyak penelitian untuk mengerjakan peternakan dan pertanian dengan cara modern, bibit yang unggul, bahkan di lahan yang sempit. Untuk itu melakukan riset dan juga jika perlu adalah mengikuti kursus atau studi singkat tentang usaha peternakan ini. Percayalah ada banyak peluang yang terbuka, jangan malas untuk belajar hal baru atau mencoba tantangan baru.

2. Temukan mentor

Yang satu ini memang bukan hal yang mudah, tapi bukan hal yang mustahil juga. Banyak orang di negeri ini yang memiliki kemurahan hati yang besar untuk berbagi ilmunya demi membangun bangsa ini. Jadi, saat Anda melakukan riset, mungkin salah satu dari nara sumber Anda bisa menjadi mentor. Mintalah mereka untuk menjadi penasihat Anda dalam memulai bisnis yang sama dengan bidang mereka.

3. Buatlah rencana bisnis yang matang

Ada orang yang berkata bahwa rencana yang baik adalah 50% keberhasilan, sisanya adalah pada pelaksanaannya. Untuk itu, buatlah business plan atau rencana usaha yang matang. Hal ini akan mengurangi resiko kegagalan yang cukup besar. Karena jika Anda tidak membuat rencana terlebih dahulu, berarti Anda merencakan kegagalan.

4. Jangan menunda, mulai dari apa yang Anda bisa lakukan

Sesuatu yang besar tidak langsung dimulai dengan hal yang besar atau investasi yang besar. Mulailah lebih dahulu apa yang bisa Anda lakukan, jangan menunda-nunda. Jika Anda hanya memiliki pekarangan atau halaman untuk memulai, jangan menganggapnya remeh. Jika Anda bisa berhasil dari yang kecil, maka kemungkinan besar akan berhasil saat kesempatan terbuka untuk membuka lahan yang lebih besar.

pernyataan Menteri Pertanian Suswono pada bulan September 2013 lalu, "Peternakan saat ini belum menjadi bidang agrobisnis yang intensif ditekuni oleh peternak di Indonesia" padahal dengan kondisi Indonesia saat ini, Suswono melihat ada peluang besar. Untuk itu, jangan sampai terlambat, rebut peluang tersebut. Selamat mencoba ya.

Baca juga artikel lainnya :

Beternak Kambing Berpotensi Besar, Kenapa Tidak?

Ini Beberapa Cara Agar Daging Cepat Empuk

Ajaib, Kambing Jadi Pekerja di Kafe Tokyo

Raup Penghasilan Tambahan dengan Usaha Ternak Kambing

Daging Kambing Baik Untuk Jantung Loh, Percaya?

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami