Panik Karena Rumor, 60 Orang Tewas Terinjak-injak

Nasional / 14 October 2013

Kalangan Sendiri

Panik Karena Rumor, 60 Orang Tewas Terinjak-injak

daniel.tanamal Official Writer
3530

Sebuah kejadian mengenaskan terjadi di distrik Datia di Negara Bagian Madhya Pradesh, India ketika 60 orang tewas terinjak-injak, pada Minggu (13/10) setelah kepanikan menyebar hanya karena rumor bahwa kabar jembatan di luar sebuah kuil Hindu nyaris runtuh.

Menurut deputi inspektur kepolisian setempat, Jenderal Polisi DK Arya, kepada AFP, korban diperkirakan masih akan bertambah karena banyak peziarah dilaporkan juga melompat ke air. "Enam puluh orang dipastikan tewas dan angka itu bisa mencapai 100," ungkapnya.

Disebutkan Arya bahwa jumlah peziarah yang meloncat ke sungai belum dapat dipastikan. Sumber kepolisian mengatakan, ketika insiden itu terjadi, diperkirakan tak kurang dari 20.000 orang berada di jembatan yang melintang di atas Sungai Sindh tersebut untuk mengikuti bagian dari akhir Festival Navaratri, sebuah festival pemujaan terhadap Dewi Durga.

Menteri Dalam Negeri India Uma Shakar Gupta membantah jika ada yang menyebutkan bahwa pengamanan festival tidak memadai. Menurutnya saat ini kepolisian masih menyelidiki penyebab kepanikan tersebut. “Sudah ada langkah-langkah pengamanan. Ini acara tahunan," tepis dia.

Ternyata insiden yang memakan memakan korban jiwa dalam festival keagamaan seperti ini bukanlah kali pertama terjadi. Pada Februari 2013, setidaknya 36 orang tewas terinjak-injak di tengah festival keagamaan Kumbh Mela di tepi Sungai Gangga. Lalu, 102 orang tewas pada Januari 2011, di Negara Bagian Kerala.

Inilah berbahayanya sebuah rumor atau kabar burung yang jika diterima mentah-mentah oleh seseorang dapat berakibat kerugian pada dirinya sendiri, bahkan kehilangan nyawanya. Untuk itulah kita perlu menguasai diri dan dapat menahan diri dari hal-hal seperti ini.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Paus Fransiskus Disebut Sebagai Sahabat Dunia Islam

Paus Fransiskus : Tuhan Bukan Katolik, Tuhan Adalah Universal

Teroris Kenya Bunuh Sandera Yang Tak Mampu Baca Al-Quran

Polisi Syariah Aceh Tangkap Pendeta GMII



Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami