Dampak Alkohol Yang Berbeda Bagi Pria dan Wanita

Psikologi / 12 October 2013

Kalangan Sendiri

Dampak Alkohol Yang Berbeda Bagi Pria dan Wanita

daniel.tanamal Official Writer
4955

Berbagai dampak buruk dan tidak menyehatkan didapatkan pada para peminum minuman beralkohol. Dalam sebuah penelitian telihat juga bahwa dampak alkohol ternyata berbeda bagi pria dan wanita.

Menurut Valerie S. Sulit, penulis utama studi yang dipublikasikan pada bulan Juni dalam jurnal Alkohol dan Alkoholisme, penelitian terbaru menujukkan baik pria maupun wanita peminum minuman beralkohol akan tenggelam dengan kesedihan mereka"Beberapa orang mengatakan bahwa mereka meminum alkohol untuk memperbaiki mood , dan itu tidak terjadi," katanya.

Sementara itu asisten profesor psikiatri di University of Vermont, Harder memaparkan bahwa Baik pria maupun wanita dilaporkan merasa kurang bahagia pada hari setelah minum, tetapi efeknya jauh lebih kuat bagi perempuan. "Ternyata, Orang-orang melaporkan sedikit kebahagiaan karena mereka menggunakan lebih banyak alkohol," katanya.

Kebahagiaan dan kesedihan adalah dua emosi lain yang dicatat dalam penelitian, dan para peneliti menemukan bahwa baik jenis kelamin yang memiliki perasaan tertentu akan menjadi faktor sebagai pemicu untuk minum minuman alkohol.

Responden menjalani program perawatan alkohol. Mereka kemudian dihubungi setiap hari selama enam bulan untuk melaporkan suasana hati mereka, tingkat stres dan kebiasaan minum. Usia responden berkisar antara 21-82 tahun.

Meskipun memiliki dampak yang berbeda satu sama lainnya, satu kesamaannya adalah semua dampak tersebut akan berakibat buruk bagi siapapun yang mengkonsumsi minuman beralkohol terutama dalam jumlah besar.

 

 

 


Sumber : Tempo.co
Halaman :
1

Ikuti Kami