Ini Rahasianya Buat Nasi Pulen Tidak Cepat Basi dan Menguning
Sumber: google.com

Entertainment / 30 September 2013

Kalangan Sendiri

Ini Rahasianya Buat Nasi Pulen Tidak Cepat Basi dan Menguning

Lois Official Writer
30469

Memasak nasi memang sangat mudah dengan adanya penanak nasi otomatis. Tinggal dicolok, semuanya jadi. Namun, mungkin Anda pernah bertanya-tanya mengapa nasinya cepat basi atau menguning. Apalagi nasinya tidak pulen sama sekali, sehingga tidak menambah nafsu makan. Ada cara yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan nasi pulen :

-Pilih beras yang masih baru dan berkualitas baik sesuai yang kita inginkan.

-Cuci bersih beras dan dibilas sebanyak 2-3 kali hingga debu kotoran dan tepung terbuang.

-Kemudian takar air di dalam beras dengan perbandingan 1:2. Jika beras 1 cangkir, maka berikan 2 cangkir air.

-Untuk beras perah, gunakan air lebih banyak sekitar 2-3 kali. Anda dapat menambahkan agar-agar putih ke dalam beras perah dengan perbandingan ½ agar-agar untuk 1 liter beras.

-Jika masak dengan penanak di kompor, maka masukkan air dan beras ke dalam panci kemudian masak sampai mendidih. Ketika air sudah mendidih, aduk beras lalu tambahkan garam dan mentega (tidak harus). Masak dengan air sedang sampai air meresap. Angkat dan matikan api sampai nasi menyerap air, kemudian kukus nasi putih sampai matang sekitar 30 menit.

-Jika menggunakan rice cooker, masukkan beras dan air. Untuk beras satu cangkir, masukkan garam ½ sdt dan mentega ½ sdm. Masak sampai matang otomatis.

-Masukkan daun pandan saat menanak nasi untuk mendapatkan aroma yang harum saat nasi matang.

-Percikkan air jeruk nipis ke dalam penanak agar lebih harum dan nasi tahan lama serta tidak menguning.

Cara menanak nasi dengan cara dikukus jauh lebih enak dibandingkan dengan menggunakan rice cooker. Namun, memang agak merepotkan. Semua pilihan ada di tangan Anda. Selamat mencoba dan merasakan enaknya nasi pulen buatan Anda.

Sumber : masakkue.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami