daniel.tanamal

Official Writer
1656


Kasus penolakan warga terhadap Lurah Lenteng Agung Susan Jasmine Zulkifli sudah sampai di telinga Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi. Lantas apa responnya terhadap penolakan itu?

Gamawan Justru meminta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi mengevaluasi penempatan lurah Susan. "Ada prinsip dalam penempatan seseorang dalam jabatan, yaitu the right man on the right place, atau the right man on the right job. Nah ini kiranya bisa jadi pertimbangan (Gubernur) DKI," ujarnya, Kamis (26/9).

Gamawan menjelaskan, Jokowi harus mempertimbangkan kemungkinan penurunan kinerja Susan karena tidak didukung warga. Pasalnya, kata Gamawan, tujuan pemberian jabatan tertentu kepada seseorang adalah kesuksesan program karena kinerja yang baik. "Tapi kalau dengan penempatan seseorang yang kurang tepat, tentu harapan itu sulit diwujudkan," lanjutnya.

Namun Gamawan juga menambahkan bahwa agama dan keyakinan seseorang bukan dasar penempatannya pada jabatan dan posisi tertentu. "Sebenarnya tidak ada larangan menempatkan pejabat di mana pun dalam negara yang bineka. Apalagi jabatan yang bersifat selektif bukan elected (dipilih). Pak Gubernur (Jokowi) tidak salah dan tidak ada UU yang melarang (menempatkan pejabat beragama minoritas di daerah mayoritas dalam konsep kebinekaan."

Hingga saat ini beberapa warga Kelurahan Lenteng Agung tetap menolak untuk dipimpin oleh seorang lurah minoritas. Mereka menuntut Pemprov DKI memindah jabatan lurah Susan. Merek ayang menolak telah beberapa kali menggelar demo didepan kantor kelurahan Lenteng Agung.

Penerapan toleransi dalam masyarakat akan sulit terwujud jika seorang pejabat negara saja yang perannya vital bersikap tidak tegas dan lemah dalam menghadapi situasi seperti ini. Jika Mendagri telah paham bahwa tidak ada larangan dalam penempatan pejabat di mana pun, maka seharusnya dengan tegas dia mendukung langkah Jokowi yang tidak akan mengganti lurah Susan hanya karena berbeda keyakinan.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Polisi Syariah Aceh Tangkap Pendeta GMII

Meski Dikucilkan Karena Menikah, Uskup Ini Tetap Bertahan

Umat Kristen Dunia Perlu Bersatu Dalam Keragaman

Aktivis Lingkungan Hidup Indonesia Raih Diana Award 2013

 



Sumber : Kompas.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 2


7270

Banner Mitra april Week 2