Setia Dalam Perkara yang Kecil
Kalangan Sendiri

Setia Dalam Perkara yang Kecil

Lois Official Writer
      9337
Show English Version

Lukas 16:10

 “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.”

 

 Bacaan Alkitab Setahun : [kitab]Mazmu87[/kitab]; [kitab]lukas8[/kitab]; [kitab]yerem13,22[/kitab]

 

Siapa di antara kita tidak pernah mencuri? Meskipun hal tersebut kelihatannya kecil, kita semua pernah mencuri. Terkadang yang kita curi adalah waktu kerja, terkadang hal yang kita lakukan adalah mengambil pena dari kantor dan dibawa pulang ke rumah, mungkin kita mengambil paper clip satu buah, tetap itu namanya mencuri meskipun yang kita curi kelihatannya sepele.

Siapa di antara kita tidak pernah berbohong? Siapa yang di antara kita tidak pernah melakukan dosa? Semua dari kita pernah melakukannya. Mungkin dunia mengatakan “Oh, hal itu tidak apa-apa, kan buat kebaikan.” atau mungkin “Apalah artinya kan cuma segitu aja yang kamu ambil?”

Firman Tuhan ada untuk memberikan kita panduan agar kita hidup menurut kehendak-Nya sampai kita bisa serupa dengan-Nya. Terkadang memang firman itu berbicara keras kepada kita, tapi orang yang dikasihi-Nya dihajar-Nya agar tidak mengambil tindakan dan langkah yang salah.

Tuhan katakan bahwa siapapun yang setia dalam perkara yang kecil, dia juga akan setia dalam perkara yang besar. Perkara apa? Di dalam semua perkara. Jika kita tidak setia dalam perkara kecil, dampak yang kita rasakan pun tidak akan baik untuk perkara yang besar.

Mulailah melatih tubuh dan menguasainya agar kita didapati tidak bercacat dan bercela. Jika kita punya kelemahan, marilah kita sama-sama bertanding untuk mengubah hal tersebut. Jangan takut gagal, teruslah mencoba. Lakukan hal-hal baik meski untuk hal-hal yang kecil sekalipun seperti menepati janji, tidak telat ke kantor, atau hal-hal kecil lainnya. Jika kita benar dalam hal kecil, maka dalam hal besar sekalipun kita akan terus benar.

Lakukan ini di dalam hubunganmu dengan Tuhan, di dalam hubunganmu dengan atasan, bawahan, rekan sekerja, keluarga, teman, pasangan hidup, siapa saja bahkan orang yang tidak kita kenal sekalipun. Kita akan dapati bahwa kita telah berlaku benar dan Tuhan melihat hal itu sehingga Dia pun mempercayakan kepada kita hal-hal yang besar, hal-hal yang tak sanggup kita pikirkan.

 

Berjalanlah sesuai dengan kebenaran sejati meskipun untuk hal-hal kecil. Percayalah, ketika kita bertindak benar dalam hal kecil tersebut, Tuhan akan percayakan kepada kita hal-hal besar.

Ikuti Kami