10 Kesalahan Para Freelancer (2)
Sumber: Easyaccountancy.co.uk

Career / 24 September 2013

Kalangan Sendiri

10 Kesalahan Para Freelancer (2)

Lori Official Writer
3753

Setelah artikel sebelumnya Anda sudah belajar tentang kesalahan yang kerap mengancam karir Anda sebagai freelancer, kini sejumlah poin yang dipaparkan oleh Daniel G. Praditya, Ketua Indonesia Freelancers Association, juga akan disuguhkan sehingga dapat mengajarkan Anda untuk menentukan langkah tepat.

# menyepelekan kontrak atau deadline kerja

Kebanyakan pekerjaan yang bersifat sampingan ini tidak serta merta membutuhkan kontrak tertulis. Namun bukan berarti dengan itu Anda dengan leluasa dapat mengabaikan tugas dan tanggung jawab. Maka berpatokanlah pada profesionalitas kerja untuk memberi kepuasan pada pelanggan Anda.

# tidak memenuhi waktu yang ditentukan (deadline)

Kualitas kerja ditentukan oleh berapa besar kapasitas Anda untuk menyelesaikan tugas. Maka dari itu, cobalah untuk mencapai target yang telah Anda sepakati bersama dengan klien.

# tidak memahami sistem dan prosedur kerja

Sebagai freelancer, Anda diperhadapkan dengan klien yang adalah lahan pendapatan Anda. Sehingga Anda harus memahami sistem dan prosedur kerja yang ditawarkan oleh klien. Bila perlu usahakan untuk lebih memahami perihal sistem kerja dengan klien seperti kontrak kerja, pembayaran dan bonus lainnya.

# hanya berfokus pada uang

Memang bagi Anda yang hanya menjadikan freelancer sebagai tambahan pendapatan, mungkin tidak terlalu berfokus pada uang. Namun akan sangat berbeda dengan para pekerja yang total pendapatannya digantungkan pada jenis pekerjaan ini. Sekalipun Anda memerlukan pendapatan, tetaplah bijak dan fokuskan diri untuk terlebih dulu membangun reputasi. Bila Anda sudah memberi yang terbaik niscaya uang akan mengalir dengan sendirinya.

# hanya terpaku pada permintaan

Setiap orang yang membutuhkan pelayanan jasa tentu saja merasa senang bila hasil proyeknya lebih dari yang diharapkan. Maka dari itu, cobalah untuk tidak hanya berpatokan pada apa yang diminta oleh klien, namun bila Anda menganggap penting untuk melakukan hal yang berbeda, maka kerjakanlah. Sebab hasil pekerjaan Anda akan menentukan nilai Anda.

Para freelancer, semoga artikel ini dapat bermanfaat demi sebuah kesuksesan Anda dimasa depan. Salam sukses!

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

Berminat Jadi Penulis Lepas? Simak Dulu Ini!

Tujuh Kendala Menjadi Freelancer (1)

Kembangkan Bisnis Anda Dengan Pekerjakan Freelancer

Pentingnya Berinvestasi Bagi Freelancer

10 Kesalahan Para Freelancer (1)

Pdt Dr Markus Daniel Wakkary, Pendeta yang Jadi Jurnalis

Sumber : Tabloidnova.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami