Paus Dorong Gereja Agar Tidak Berfokus Pada Aborsi dan Gay
Sumber: ucanews.com

Internasional / 22 September 2013

Kalangan Sendiri

Paus Dorong Gereja Agar Tidak Berfokus Pada Aborsi dan Gay

Budhi Marpaung Official Writer
3686

Beberapa hari kemarin, publik terkejut saat membaca percakapan sebulan lalu antara Paus Francis dengan Pater Antonio Spadaro, pemimpin redaksi La Civilta Cattolica, jurnal Yesuit Italia yang isinya secara rutin disetujui Vatikan.

Bagaimana tidak terkaget-kaget, karena dalam wawancara panjang itu, Paus menyatakan dirinya memilih untuk mendorong gereja agar jangan lagi terlalu sering membahas isu-isu seputar aborsi, pernikahan gay, dan kontrasepsi.

"Tidak perlu membahas tentang masalah-masalah itu sepanjang waktu," ujar Paus sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Jumat (20/9).

"Ajaran-ajaran dogmatis dan moral gereja tidak semua setara. Pelayanan pastoral gereja tidak boleh menjadi terobsesi untuk menyalurkan begitu banyak doktrin yang tidak saling berhubungan dan memaksakannya dengan keras. Kita harus menemukan sebuah keseimbangan baru, kalau tidak bahkan bangunan moral gereja kemungkinan akan rubuh seperti rumah kertas, kehilangan kesegaran dan keharuman Injil," imbuh Paus.

Salah satu orang yang shock dengan apa yang diutarakan oleh Paus ini adalah Pater James Martin, editor lepas majalah Yesuit New York, America.

"Beberapa hal di dalam wawancara itu benar-benar mengejutkan saya," kata Pater Martin kepada wartawan New York Times. "Dia tampak bahkan lebih berpikiran bebas dari yang saya bayangkan."

Transkrip wawancara antara Paus dengan Pater Antonio Spadaro itu sendiri telah dirilis serentak pada Kamis (19/9) pagi oleh 16 jurnal Yesuit di seluruh dunia.

Selama ini, Paus Francis memang dikenal sebagai pemimpin umat Katolik yang selalu berbicara mengenai masyarakat miskin dan terpinggirkan. Berkat apa yang ia tunjukkan tersebut, dunia pun mengaguminya.

Tidak terus menerus bukan berarti tidak sama sekali mengangkatnya. Kita tetap perlu menyuarakan kebenaran atas hal-hal yang tidak sesuai dengan firman Tuhan termasuk di dalamnya aborsi, pernikahan gay, dan kontrasepsi.


Baca juga :

Paus Francis Menangis Saat Bertemu Anak ini

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Ahli Segala Hal

Susu Kedelai, Cocok Dikonsumsi untuk Cegah Kanker dan Bantu Diet

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI)  

Johnny Harjantho, Sukses Bangun Bisnis di Singapura Dari Nol

Sumber : kompas.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami