KPK Recanakan Bangun Lapas Khusus Koruptor

KPK Recanakan Bangun Lapas Khusus Koruptor

Lori Official Writer
2828

Abraham Samad, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan rencana pembangunan lembaga permasyarakatan (lapas) khusus narapidana korupsi pada sebuah seminar di Universitas Tadulako (Untad) Palu, Rabu (18/9) kemarin.

Bebasnya narapidana keluar masuk penjara dinilai perlu perbaikan. “Saya geram melihat narapidana koruptor yang tidur di rumahnya bukan di sel,” ujar Ketua KPK Abraham Samad, seperti dilansir Antaranews.com, Rabu (18/9).

Samad menyampaikan bahwa para koruptor yang berduit dapat membayar para sipir agar dapat bebas keluar masuk tahanan dan berkeliaran diluar. Sangat lazim ditemui bahwa narapidana akan mengikuti pemeriksaan pada sore hari, lalu pada malam hari keluar lapas dan kembali di pagi harinya guna mengikuti apel, tak ada beda dengan pegawai kantoran. “Jadi narapidana korupsi ini seperti masuk kantor saja saat menjalani hukuman,” tambahnya.

Maka dari itu, Samad menegaskan bahwa lapas khusus koruptor penting sekali dibangun guna menerapkan sistem yang lebih ketat, baik terhadap sipir maupun narapidana. Nantinya lapas tersebut akan dipasang kamera pengintai (CCTV), sehingga mudah mengawasi aktifitas di lapas. Namun hingga saat ini, pembangunannya masih belum dimulai sebab terbentur oleh dana.

Lemahnya sistem di lembaga permasyarakatan (lapas) seyogyanya memang perlu dibenahi, sehingga kejadian serupa tak lagi berulang dikemudian hari.

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

Bahasa Inggris Jokowi Tetap Beraksen Jawa

Warga Yogyakarta Kecam Perusakan Makam

Zamani, Disekap dan Dipaksa Olesi Balsem di Kemaluannya

Polwan Afganistan Akui Alami Pelecehan Seksual

SBY Akui Perizinan di Indonesia Paling Panjang Sedunia

Sulitnya Keluar Dari Kebiasaan Buruk

Sumber : Antaranews.com | Jawaban.com | Lori

Ikuti Kami